PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p32-35

Keywords:

Pembelajaran Sains TK, Media, Pop Up Book

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah: (1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah, Tanggulangin, Sidoarjo tentang pembelajaran sains di TK dan (2) Melatih guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah membuat pop up book sebagai alternative media pembelajaran sains di TK. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan dua kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu: (1) pelatihan tentang pembelajarn sains (2) workshop pembuatan media pop up book. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru tentang pembelajaran sains di TK yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test. Selain itu, guru juga mampu membuat media pembelajarn sains yang berupa pop up book.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Narasi Anak Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatoto Kaca. Skripsi ini tidak diterbitkan. Surabaya: Desain Komunikasi Visual/ Teknik Sipil dan Perencanaan/ ITS.

Nugroho.A., (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung

Wolfinger, D.M. (1994). Science and Mathematics in Early Childhood Education. New York: Harper Collins College Publishe.

Safitri, N. N. (2014). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).

Downloads

Published

2017-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1563 , PDF Downloads: 484