PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p32-35Keywords:
Pembelajaran Sains TK, Media, Pop Up BookAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah: (1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah, Tanggulangin, Sidoarjo tentang pembelajaran sains di TK dan (2) Melatih guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah membuat pop up book sebagai alternative media pembelajaran sains di TK. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan dua kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu: (1) pelatihan tentang pembelajarn sains (2) workshop pembuatan media pop up book. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru tentang pembelajaran sains di TK yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test. Selain itu, guru juga mampu membuat media pembelajarn sains yang berupa pop up book.Downloads
Download data is not yet available.
References
Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Narasi Anak Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatoto Kaca. Skripsi ini tidak diterbitkan. Surabaya: Desain Komunikasi Visual/ Teknik Sipil dan Perencanaan/ ITS.
Nugroho.A., (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung
Wolfinger, D.M. (1994). Science and Mathematics in Early Childhood Education. New York: Harper Collins College Publishe.
Safitri, N. N. (2014). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).
Nugroho.A., (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung
Wolfinger, D.M. (1994). Science and Mathematics in Early Childhood Education. New York: Harper Collins College Publishe.
Safitri, N. N. (2014). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).
Downloads
Published
2017-10-28
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.