PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMAN DI KABUPATEN/ KOTA GRESIK

Authors

  • Woro Setyarsih Universitas Negeri Surabaya
  • Kusumawati Dwiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Tukiran Tukiran Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p22-31

Keywords:

Jurnal, KTI, Publikasi, Workshop

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa betapa masih langkanya guru yang mau, mampu, dan biasa melakukan kegiatan penyusunan KTI khususnya di SMAN 1 Gresikda dan SMAN 1 Manyar sebagai mitra. Program yang dapat dijalankan bersama antara sekolah mitra dan tim pelaksana PPMIbM adalah perlunya peningkatan dan pengembangan profesi guru (PKB) pada unsur Publikasi Ilmiah khususnya dalam penyusunan KTI baik berupa hasil penelitian, hasil tinjauan ilmiah maupun artikel ilmiah, kecuali tulisan ilmiah populer. Tahap pendampingan dalam pelaksanaan PKM-IbM meliputi 1) Tahap Persiapan meliputi persiapan pedoman / modul serta contoh-contoh KTI yang baik, 2) Tahap Penulisan yaitu memandu para peserta pelatihan dalam mempelajari dan memahami KTI, 3) Tahap Penyuntingan meliputi tahap perbaikan KTI baik dari segi tata bahasa, substansi maupun materi, 4) Tahap Publikasi yaitu KTI yang telah direvisi diikut sertakan dalam pertemuan ilmiah dan di publikasikan pada jurnal, 5) Tahap Monitoring dan Evaluasi yaitu tahap pemaparan hasi KTI yang telah direvisi pada teman sebaya dan pemberian angket respon terhadap kegiatan pendampingan ini. Hasil dari penmdampingan penyusunan KTI diikuti oleh 34 guru SMAN 1 Gresik dan 20 guru SMAN 1 Manyar. KTI yang telah dipublikasikan antara lain: 1) satu KTI sudah dimuat pada MEDIA, No.05/Thn.XLVI/Juli 2016, satu KTI dikirim ke JPFA (Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya), dua KTI diikutkan pada Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2016 di Bandung, satu KTI masuk finalis dan yang satu KTI gagal, dan satu KTI diikutkan pada Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016 di Jakarta. Adapun respon positif yang ditunjukkan peserta berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa 75% guru SMAN 1 Gresik setuju dan 75% guru SMAN 1 Manyar sangat setuju dengan diadakannya pelatihan dan pendampingan penyusunan KTI ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Dikti, 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi IX. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Rohmatiah, 2014. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Tantangan Menuju Profesionalisme, http://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com, diakses pada tanggal 26 April 2014.

Yani, Ahmad, 2008. Penyusunan Model PTK (Untuk Memenuhi 12 Point Kenaikan Pangkat ke IVB). Disampaikan pada Lokakarya Implementasi Model PTK dan Model Lesson Study, 2-3 Desember 2008, FPIPS, UPI Bandung

Downloads

Published

2017-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1781 , PDF Downloads: 865