PELATIHAN AUTOCAD TINGKAT LANJUT UNTUK GURU SMK PONDOK PESANTREN AL FURQON DESA WEDORO ANOM DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.15586Abstract
Permasalahan dalam menggambar menggunakan aplikasi AutoCad adalah mahalnya software yang asli
dan harganya sulit dijangkau oleh sekolah/guru apalagi oleh siswa. Oleh karenanya menjadi salah satu
penyebab kenapa di Pondok Pesantren guru-guru menggambar masih memiliki cara-cara manual yang
harusnya sudah kita tinggalkan. Atas tuntutan jaman dan perkembangan Teknologi yang menuntut guruguru gambar untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam penggunaan aplikasi yang dibutuhkan.
Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang digunakan dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan di
Pondok Pesantren Al Furqon Driyorejo Gresik. Model pembelajaran adalah pembelajaran langsung dan
kelompok. Setiap chapter dirancang diskusi tanya jawab dan pemberian tugas kelompok/mandiri. Evaluasi
akan dilakukan pada setiap hari pelatihan. Keberlanjutan akan dilakukan diskusi dan tanya jawab melalui
email. Hasil dari kegiatan PKM ini, meliputi : (1) Peserta pelatihan yang sebelumnya ditargetkan hanya 10
guru ternyata dalam pelaksanaannya menjadi 13 peserta; (2) Tersusunnya modul pembelajaran
menggambar menggunakan aplikasi AutoCad, setiap peserta (guru) mendapatkan buku modul AutoCad;
(3) Peningkatan kompetensi guru dalam menggambar menggunakan AutoCad; (4) Peserta (guru) dapat
menggambar menggunakan aplikasi AutoCad; serta (5) Peningkatan kerja sama SMK di Pondok
Pesantren Al Furqon dan Universitas Negeri Surabaya akan ditingkatkan dalam kegiatan yang lain.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.