PELATIHAN AUTOCAD TINGKAT LANJUT UNTUK GURU SMK PONDOK PESANTREN AL FURQON DESA WEDORO ANOM DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Heri Suryaman Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Wiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Yogie Risdianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.15586

Abstract

Permasalahan dalam menggambar menggunakan aplikasi AutoCad adalah mahalnya software yang asli
dan harganya sulit dijangkau oleh sekolah/guru apalagi oleh siswa. Oleh karenanya menjadi salah satu
penyebab kenapa di Pondok Pesantren guru-guru menggambar masih memiliki cara-cara manual yang
harusnya sudah kita tinggalkan. Atas tuntutan jaman dan perkembangan Teknologi yang menuntut guruguru gambar untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam penggunaan aplikasi yang dibutuhkan.
Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang digunakan dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan di
Pondok Pesantren Al Furqon Driyorejo Gresik. Model pembelajaran adalah pembelajaran langsung dan
kelompok. Setiap chapter dirancang diskusi tanya jawab dan pemberian tugas kelompok/mandiri. Evaluasi
akan dilakukan pada setiap hari pelatihan. Keberlanjutan akan dilakukan diskusi dan tanya jawab melalui
email. Hasil dari kegiatan PKM ini, meliputi : (1) Peserta pelatihan yang sebelumnya ditargetkan hanya 10
guru ternyata dalam pelaksanaannya menjadi 13 peserta; (2) Tersusunnya modul pembelajaran
menggambar menggunakan aplikasi AutoCad, setiap peserta (guru) mendapatkan buku modul AutoCad;
(3) Peningkatan kompetensi guru dalam menggambar menggunakan AutoCad; (4) Peserta (guru) dapat
menggambar menggunakan aplikasi AutoCad; serta (5) Peningkatan kerja sama SMK di Pondok
Pesantren Al Furqon dan Universitas Negeri Surabaya akan ditingkatkan dalam kegiatan yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-10
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 254