PELATIHAN PEMASARAN ONLINE MELALUI MEDIA INSTAGRAM BAGI PELAKU USAHA DI DESA BADAL KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p%25pKeywords:
Covid-19, Business, Instagram, Badal VillageAbstract
Pandemi Covid-19 di dunia telah mengubah seluruh tatanan pengelolaan dunia menggunakan teknologi informasi. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu beradaptasi dengan baik dalam mengusai teknologi. Tujuannya agar masyarakat tetap bertahan dengan baik dalam kondisi pandemi saat ini. Salah satu penguasaan teknologi yang sangat popular adalah ketrampilan menggunakan media sosial untuk pemasaran online. Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Namun, UKM memiliki kendala dalam mengembangkan usahanya. Ini disebabkan UKM sulit untuk mengakses pasar yang lebih luas. UKM Produk Unggulan di desa Badal, kecamatan Ngadiluwih, kabupaten Kediri merupakan salah satu UKM yang memiliki kendala dalam mengakses pasar yang lebih luas. Kondisi terkini pelaku UKM Produk Unggulan di desa Badal, kecamatan Ngadiluwih, kabupaten Kediri hanya memanfaatkan media sosial untuk kepenting pribadi. Sehingga, diperlukan perubahan perilaku pelaku UKM untuk menggunakan media sosial sebagai media pemasaran yang efisien. Atas dasar ini, program kemitraan masyarakat berupa pelatihan pemasaran online menggunakan instagram pada produk unggulan dilakukan di desa Badal, kecamatan Ngadiluwih, kabupaten Kediri. Berdasarkan evaluasi, program kemitraan masyarakat ini mampu meningkatkan omzet penjualan produk unggulan di desa Badal, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Pendampingan yang dilakukan juga mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penggunaan media sosial Instagram untuk kepentingan wirausaha pada masa pandemi Covid-19.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.