Pelatihan Penerapan Multimetode dalam Pengembangan Perilaku Anak Usia Dini Bagi Guru TK/PAUD Gugus Muara Tami Kotamadya Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p135-138Keywords:
Multimetode, Perilaku, Usia Dini.Abstract
Usia dini merupakan masa emas untuk mengembangkan sikap, rasa, pikiran serta perilaku anak. Adanya pelatihan, pengkondisian serta pemberian stimulasi secara berkelanjutan dengan cara yang tepat dan positif akan membantu pencapaian tugas perkembangan anak secara optimal. Oleh karena itu pemahaman yang baik terhadap berbagai aspek perkembangan anak, strategi atau metode pengembangan dan penilaian terhadap perkembangan anak merupakan hal penting yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh guru TK/PAUD. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memfasilitasi Guru TK/PAUD yang ada di Gugus Muara Tami Kotamadya Jayapura untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensinya dalam menerapkan multimetode dalam pengembangan perilaku anak usia dini. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah training, sharing knowledge dan praktik langsung. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dan kemampuan peserta dalam menerapkan multimetode dalam pengembangan perilaku anak usia dini, dimana dari 26 peserta terdapat 20 peserta (76,92 %) yang termasuk kategori sangat baik dan 6 peserta (23,08 %) termasuk kategori baik.
Downloads
References
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.