PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS WINDOWS+G DALAM UPAYA EDUKASI TENAGA PENDIDIK DI KOTA SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p130-134Abstract
Salah satu dampak dari Covid-19 terhadap pendidikan di dunia adalah sekolah, madrasah, pondok pesantren, dan universitas ditutup secara luas. UNESCO pada 4 Maret 2020 menyarankan dilaksanakan pembelajaran daring/jarak jauh dan membuka platform pendidikan yang mampu dijangkau oleh peserta didik. Hal ini memerlukan kemampuan yang yang sesuai, salah satunya adalah penggunaan aplikasi tangkap layar (screen recorder) pada sistem wondows. Untuk itu diperlukan pelatihan bagi guru-guru yang belum mempunyai kemmapuan tersebut guna membantu pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemic.
Pelatihan ini dilakukan ke 25 orang guru MGMP Kimia Kota Surabaya dengan beberapa tahapan, yaitu pelatihan daring melalui zoom, diskusi daring melalui zoom dan WAG, serta pengumpulan tugas.
Dari pelatihan yang dilakukan diperoleh informasi pemahaman dan kemampuan guru yang sangat baik jika dilihat dari hasil tugas yang dikumpulkan. Dari respon peserta diperoleh informasi bahwa 80% peserta merasa mudah dalam membuat video dengan cara Windows+G, 93,3% berencana menggunakannya untuk membuat video, dan 100% peserta akan menularkan hasil pelatihannya ke rekan kerja yang lain. Data lain yang diperoleh adalah diperoleh persentase skor 86,7% terhadap kemenarikan materi pelatihan; persentase skor 91,1% terhadap kompetensi narasumber, persentase skor 84,4% terhadap durasi waktu pelatihan; dan persentase skor 93,3% terhadap kesesuaian materi terhadap tugas guru di sekolah.
Kata kunci : pelatihan media video, windows+g, guru MGMP kimia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.