PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS WINDOWS+G DALAM UPAYA EDUKASI TENAGA PENDIDIK DI KOTA SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dian Novita (Sinta: 5995494) Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata Universitas Negeri Surabaya
  • Rusmini Rusmini Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Poedjiastoeti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p130-134

Abstract

Salah satu dampak dari Covid-19 terhadap pendidikan di dunia adalah sekolah, madrasah, pondok pesantren, dan universitas ditutup secara luas. UNESCO pada 4 Maret 2020 menyarankan dilaksanakan pembelajaran daring/jarak jauh dan membuka platform pendidikan yang mampu dijangkau oleh peserta didik. Hal ini memerlukan kemampuan yang yang sesuai, salah satunya adalah penggunaan aplikasi tangkap layar (screen recorder) pada sistem wondows. Untuk itu diperlukan pelatihan bagi guru-guru yang belum mempunyai kemmapuan tersebut guna membantu pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemic.

Pelatihan ini dilakukan ke 25 orang guru MGMP Kimia Kota Surabaya dengan beberapa tahapan, yaitu pelatihan daring melalui zoom, diskusi daring melalui zoom dan WAG, serta pengumpulan tugas.

Dari pelatihan yang dilakukan diperoleh informasi pemahaman dan kemampuan guru yang sangat baik jika dilihat dari hasil tugas yang dikumpulkan. Dari respon peserta diperoleh informasi bahwa 80% peserta merasa mudah dalam membuat video dengan cara Windows+G, 93,3% berencana menggunakannya untuk membuat video, dan 100% peserta akan menularkan hasil pelatihannya ke rekan kerja yang lain. Data lain yang diperoleh adalah diperoleh persentase skor 86,7% terhadap kemenarikan materi pelatihan; persentase skor 91,1% terhadap kompetensi narasumber, persentase skor 84,4% terhadap durasi waktu  pelatihan; dan persentase skor 93,3% terhadap kesesuaian materi terhadap tugas guru di sekolah.

Kata kunci : pelatihan media video, windows+g, guru MGMP kimia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dian Novita, (Sinta: 5995494) Universitas Negeri Surabaya

ID  SINTA : 5995494

Downloads

Published

2021-07-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 130