PENGENALAN BATIK PADA ANAK SEBAGAI WUJUD CINTA BUDAYA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p125-129Keywords:
workshop, batik, anakAbstract
Abstrak
Masa usia dini adalah masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan setiap manusia, beragam hal menggugah rasa ingin tahu dan menantang keinginan berkesplorasi. Selama ini kegiatan seni di sekolah hanya sebatas menempel, mewarnai, dan menyanyi, yang diajarkan oleh guru kelas yang bukan memiliki ketrampilan khusus dalam bidang seni rupa. Sehingga melalui kegiatan pengenalan batik ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih tentang proses pembuatan batik serta menumbuhkan rasa cinta akan produk Indonesia sejak dini. Pengenalan batik pada anak dikemas dalam bentuk kegiatan workshop yang dibagi dalam tiga tahap, yaitu: 1) pemaparan materi tentang batik; 2) aplikasi desain sketsa untuk dijadikan batik, 3) apresiasi karya batik anak. Workshop ini memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki sesuai dengan bakat masing-masing. Proses dalam pembelajaran serta arahan dari tim pengabdian menjadi kunci untuk hasil akhir yang diinginkan, pemahaman peserta didik tentang proses pembuatan batik dikemas secara menarik sehingga memudahkan peserta didik dalam mengeksplor kreatifitasnya. Hasil kreativitas anak-anak ketika di alih mediakan dari gambar menjadi seni batik ternyata menarik secara visual dan menjadi lebih bernilai.
Downloads
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.