KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURU-GURU MGMP SMP, SMA, DAN SMK DI KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Mega Teguh Budiarto Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Pradnyo Wijayanti Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Kurniasari Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p162-167

Keywords:

Animasi, Media ICT, RMT, Macromedia Flash

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan materi bidang studi dan pembelajarannya. Kegiatan ini merupakan implikasi dari hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi tentang pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) dalam pembelajaran materi bidang studi geometri. Secara khusus, tujuan kegiatan ini adalah guru mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT. Untuk mencapai tujuan tersebut, langkah-langkah yang digunakan adalah: (1) mengembangkan media berbasis ICT atau menggunakan perangkat lunak untuk pembelajaran materi bidang studi berbasis kelas; (2) implementasi media pembelajaran berbasis ICT di dalam kelas; dan (3) diskusi hasil implementasi dan revisi. Sasaran dari kegiatan ini utamanya adalah guru MGMP SMA. Namun, atas permintaan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, diikutsertakan guru MGMP SMP dan guru MGMP SMK. Jenis kegiatan ini mencakup: (1) pemetaan atau klasifikasi kemampuan ICT dari peserta, (2) pemberian informasi tentang pembuatan animasi berbasis Flash, (3) diskusi, (4) workshop pembuatan media ICT berbasis Macromedia Flash, (5) presentasi hasil workshop dan pemberian masukan dari narasumber untuk bahan kerja mandiri, dan (6) praktek kerja nyata menggunakan media ICT yang telah dibuat. Hasil akhir yang dicapai dalam kegiatan ini berupa persentase media ICT berbasis Flash yang terkumpul dan diterapkannya dalam pembelajaran di kelas. Sebanyak 10 dari 150 media ICT yang telah dibuat oleh guru MGMP baik SMP, SMA, dan SMK telah layak diterapkan di pembelajaran kelas. Diinformasikan bahwa 10 media tersebut, 7 media ICT dihasilkan oleh guru MGMP SMA, 2 media ICT dari guru MGMP SMP, dan 1 media ICT dari guru MGMP SMK. Tampak bahwa hanya sekitar 11% guru MGMP SMA, 6% guru MGMP SMP, dan 1% guru MGMP SMK yang telah berhasil membuat/menyelesaikan pembuatan media berbasis ICT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, Mega Teguh. 2008. Membangun Level Abstraksi Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Materi Bidang Studi. Laporan Penelitian Fundamental, Tahun pertama.

Budiarto, Mega Teguh. 2009. Membangun Level Abstraksi Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Materi Bidang Studi. Laporan Penelitian Fundamental, Tahun Kedua.

Budiarto, Mega Teguh. 2011. Pemetaan Level Abstraksi Siswa yang Mempunyai Gaya Belajar Visual-Spatial dan Auditory-Sequensial dengan Operasi Logis Piaget Laporan Penelitian Fundamental.

Kinard, J. T., & Kozulin, A. 2008. Rigorous Mathematical Thinking: Conceptual Formation in the Mathematics Classroom. New York: Cambridge University Press.

__________. 1998. Psychological Tools : A Sociocultural Approach to education. London : Harvard University Press.

__________. 2001. Creating Rigorous Mathemaical Thinking: A Dynamic that Drives Mathematical and Science Concptual Development. Retrieved on October 21, 2009 from www. umanitoba.ca/unevoc/conference/ papers/ kinard.pdf.

Kinard, J.T. Rigorous Mathematical Thinking, Retrieved on January 23, 2010 from http://rmtchicago.com.

_______. 2007. Method and Apparatus for Creating Rigorous Mathemaical Thinking. Retrieved on 24 March 2010 from http://www.freepatentsonline. com/y2007/0111172.html.

Kozulin, A. 2002. Sociocultural Theory and the Mediated learning Experience. School Psychology International, 23(1), 7-35.

______. 2005. Rigorous Mathematical Thinking: Mediated Learning and Psychological Tools. Focus on learning Problem in Mathematics 27.3 (Summer, 2005): 1(29). Academic OneFile. Gale. Universitas Negeri Surabaya. Retrieved on 20 Oct. 2009 from http://find.galegroup.com/gtx/start.do?prodId=AONE.000/kommit2004_psikologi_012_362.pdf. download pada 18 November 2010.

Kozulin, A., & Presseisen, B.Z. 1995. Mediated Learning Experience and Psychological Tools: Vygotskys and Feuersteins Perspectives in a Study of Student Learning, Educational Psychological, 30, 67-75.

Kozulin, A., Gindis, B., Ageyev, V.S., & Miller, S.M. 2003. Vygotskys Educational Theory in Cultural Context. New York: Cambrige University Press.

Downloads

Published

2016-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1062 , PDF Downloads: 408