PROFIL KETERAMPILAN GURU-GURU DALAM PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p146-149Keywords:
Keterampilan guru, Lembar Kerja SiswaAbstract
Menurut Permendiknas Nomor 103 Tahun 2014 dikatakan bahwa pembelajaran di tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan proses interaksi antar peserta didik dan antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang dilaksanakan berbasis aktivitas. Berdasarkan aturan tersebut, guru perlu menyediakan suatu sumber belajar yang mendukung proses pembelajaran agar kompetensi yang diinginkan tercapai. Salah satu sumber belajar tersebut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil wawancara dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dikatakan bahwa praktek pengajaran di SMP-SMP Kabupaten Jombang telah menggunakan LKS untuk menunjang pembelajaran, namun LKS-LKS tersebut masih LKS yang beredar di pasaran dan belum dikembangkan oleh guru-guru SMP setempat sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing, Oleh karena itu, Tim Pelaksana PKM melakukan kegiatan PKM di Kabupaten Jombang untuk melatih guru dalam mengembangkan LKS yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Hasil kegiatan PKM ini adalah tersusunnya 13 LKS karya guru dengan 12 LKS mendapat nilai ≥ 75 dan sisanya mendapatkan nilai ≤ 75. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini telah memberi dampak positif terhadap keterampilan guru dalam mengembangkan LKS.Downloads
Download data is not yet available.
References
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (2005), Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014
Trianto (2008),Penyusunan LKS sebagai bahan Ajar, Surabaya
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014
Trianto (2008),Penyusunan LKS sebagai bahan Ajar, Surabaya
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45
Downloads
Published
2016-10-28
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)