KEMAMPUAN GURU-GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Authors

  • Tutut Nurita Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p142-145

Keywords:

Proposal, Penelitian Tindakan Kelas, Workshop

Abstract

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya salah satunya, diatur bahwa kegiatan guru harus meliputi unsur utama Pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang meliputi: (1) pengembangan diri; (2) publikasi ilmiah; dan (3) karya inovatif. Dengan memperhatikan unsur-unsur kegiatan yang harus dipenuhi oleh guru di atas, di mana guru dituntut untuk bisa menghasilkan karya ilmiah (inovatif) dan mempublikasikannya, maka Tim Pelaksana PKM bermaksud untuk mengetahui kemampuan guru-guru IPA SMP di Kabupaten Jombang dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Metode dalam kegiatan PKM ini meliputi: memberi informasi tentang PTK dan workshop pendampingan penyusunan proposal PTK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tim Unesa. 2014. Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat PSMP.

Hullet, Elwyn C. 2008. Action Research in the Classroom. USA: Eastern New Mexico University Printing.

Downloads

Published

2016-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 392 , PDF Downloads: 443