PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU IPA MTs KOTA PROBOLINGGO PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERORIENTASI PADA KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p121-124Keywords:
Pedagogik, Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Video PembelajaranAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan pendampingan diikuti workshop pada guru-guru IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri dan swasta di Kota Probolinggo sebagai mitra dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA Terpadu dan mengimplementasikannya di kelas. Pelaksanaan kegiatan pendampingan dan workshop yang telah dilakukan oleh tim pengabdian diperoleh beberapa luaran kegiatan antara lain : (1) tersusunnya analisis Kompetensi Dasar, analisis materi, analisis kegiatan, dan analisis soal, (2) tersusunnya instrumen telaah/validasi perangkat pembelajaran dan keterlaksanaan pembelajaran, (3) hasil telaah/validasi terhadap perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru IPA pada sekolah mitra, (4) tersusunnya perangkat pembelajaran lengkap IPA yang disusun oleh guru IPA pada sekolah mitra yang terdiri atas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), handout, dan soal, (5) hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran simulasi 1 dan 2, dan (6) tersusunnya video pembelajaran. Skor rata-rata yang diperoleh untuk pengembangan perangkat pembelajaran oleh guru mitra adalah sebesar 3,1 untuk RPP, 2,9 untuk LKS, 3,0 untuk soal, dan 2,9 untuk handout. Besarnya skor rata-rata 2.9 sampai 3.1 berkategori layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil implementasi pada uji coba pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dan telah mengalami peningkatan pada implementasi uji coba kedua dengan nilai rata-rata sebesar 89. Telah pula dihasilkan video pembelajaran yang bagus dalam bentuk DVD untuk masing-masing guru mitra.Downloads
Download data is not yet available.
References
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi edisi IX. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Jakarta.
Fogarty, R. 1991. How to integrate the curricula. Palatine: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Mitarlis dan Mulyaningsih, S. 2011. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu. University Press: Surabaya.
Pusat Kurikulum. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. (Draft). Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Puskur. Jakarta. www.puskur.net.
Prabowo. 2000. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Terpadu Dalam Menghadapi Perkembangan Iptek Milenium III. Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA Unesa Surabaya bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III, Surabaya: Unesa
Setiawan, B., Wahono Widodo, Dyah Astriani, Erman, M. Budiyanto. 2013. Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Media Wapik (Wahana Aplikasi Pendidikan & Informasi yang Baik) Berorientasi Pada Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru IPA Negeri dan Swasta Melalui MGMP IPA Kota Probolinggo. Laporan Pengabdian Kepada Masrakat Dana BOPTN Unesa Surabaya: Prodi Pendidikan Sains FMIPA Unesa Surabaya.
Setiawan, B. dan Asnawi. 2012. Pelatihan Guru Matematika dan IPA (MIPA) SD/MI Se-Kota Probolinggo Melalui Program BEC Kota Probolinggo. Hasil pendampingan pelatihan: Probolinggo.
Setiawan, B., Erman, M. Budiyanto. 2011. Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan Swasta Melalui MGMP IPA Departemen Agama Kota Probolinggo. Laporan Pengabdian Kepada Masrakat Dana DIPA Unesa Surabaya: Prodi Pendidikan Sains FMIPA UNESA
Subekti, Hasan, Muslimin Ibrahim, Isnawati. 2012. IbM Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Melalui Implementasi Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir, Pendidikan Karakter dan ICT di Wilayah Surabaya. Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masrakat IbM Simlitabmas, Surabaya: LPPM Unesa.
Fogarty, R. 1991. How to integrate the curricula. Palatine: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Mitarlis dan Mulyaningsih, S. 2011. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu. University Press: Surabaya.
Pusat Kurikulum. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. (Draft). Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Puskur. Jakarta. www.puskur.net.
Prabowo. 2000. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Terpadu Dalam Menghadapi Perkembangan Iptek Milenium III. Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA Unesa Surabaya bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III, Surabaya: Unesa
Setiawan, B., Wahono Widodo, Dyah Astriani, Erman, M. Budiyanto. 2013. Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Media Wapik (Wahana Aplikasi Pendidikan & Informasi yang Baik) Berorientasi Pada Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru IPA Negeri dan Swasta Melalui MGMP IPA Kota Probolinggo. Laporan Pengabdian Kepada Masrakat Dana BOPTN Unesa Surabaya: Prodi Pendidikan Sains FMIPA Unesa Surabaya.
Setiawan, B. dan Asnawi. 2012. Pelatihan Guru Matematika dan IPA (MIPA) SD/MI Se-Kota Probolinggo Melalui Program BEC Kota Probolinggo. Hasil pendampingan pelatihan: Probolinggo.
Setiawan, B., Erman, M. Budiyanto. 2011. Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan Swasta Melalui MGMP IPA Departemen Agama Kota Probolinggo. Laporan Pengabdian Kepada Masrakat Dana DIPA Unesa Surabaya: Prodi Pendidikan Sains FMIPA UNESA
Subekti, Hasan, Muslimin Ibrahim, Isnawati. 2012. IbM Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Melalui Implementasi Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir, Pendidikan Karakter dan ICT di Wilayah Surabaya. Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masrakat IbM Simlitabmas, Surabaya: LPPM Unesa.
Downloads
Published
2016-10-28
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.