Analisis Struktur Lagu "Bohemian Rhapsody" Karya Freddie Mercury (Aransemen Oni Krisnerwinto)

Authors

  • Arista Wahyu Wardani State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v1n1.p169-179

Abstract

Peneliti menganalisis struktur lagu Bohemian Rhapsody karya Freddie Mercury aransemen Oni Krisnerwinto dilatarbelakangi oleh karena lagu ini sangat menarik untuk diteliti secara lebih dalam mulai dari struktur lagu hingga tinjauan aransemen oleh Oni Krisnerwinto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif karena tidak menggunakan angka-angka sebagai sumber datanya. Objek penelitian difokuskan pada struktur lagu dan tinjauan aransemen dengan menerapkan beberapa teori diantaranya bentuk musik, struktur musik dan pola aransemen. Hasil penelitiannya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bohemian Rhapsody merupakan lagu bergenre progressive rock, progressive pop, symphoninc rock dan hard rock. Lagu ini juga dianggap sebagai lagu yang janggal karena tidak adanya refrain, dan merupakan gabungan dari gaya musik yang berbeda. Lagu ini terdiri atas intro, balada piano dan gitar solo yang diikuti dengan sebuah opera yang terdengar seperti sahut-sahutan dari paduan suara dan solois, hard rock dan outro. Lagu ini mengalami perubahan nada dasar dari Bb mayor, Eb mayor, A mayor ke F mayor dan mengalami perubahan tempo sejak tempo lambat dari balada menuju tempo yang lebih cepat pada bagian opera dan hard rock, serta diakhiri kembali pada bagian outro dengan tempo yang lambat. Transisi ke beberapa genre serta modulasi yang terjadi berulang kali dalam lagu tersebut sangat berkaitan dengan bagaimana struktur lagu yang terdapat di dalamnya. Melalui beberapa aspek tersebut akhirnya dihasilkan bagaimana struktur lagu Bohemian Rhapsody dan bagaimana tinjauan aransemen Oni Krisnerwinto dalam lagu tersebut.

Kata Kunci: Struktur, Aransemen, Bohemian Rhapsody.

References

<p>Banoe, Pono. 2013. <em>Kamus Musik. </em>Yogyakarta: Kanisius</p><p>Banoe, Pono. 2003. <em>Pengantar Pengetahuan Harmoni. </em>Yogyakarta: Kanisius</p><p>Dwi Cahya, S. (2017). BENTUK MUSIK SONATA PADA KARYA MUSIK œSONATA IN G                      MINOR FOR SOLO VIOLA. <em>Solah</em>, <em>7</em>(1).</p><p>Fitria, Juniarti Yunike.2007. <em>Analisis Bentuk dan Struktur lagu playful</em><em> </em><em>duet</em><em> </em><em>(miror) Karya              W.A.  Mozart. </em>Tugas Akhir Skripsi S1. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p>Kamien, Roger. 2011. <em> An Appreciation. </em>New York:   McGraw-Hill</p><p>Karyawanto, H. Y. (2018). Bentuk Lagu dan Ambitus Nada Pada Orkestrasi Mars                           Unesa. <em>Virtuoso (Jurnal </em><em>Pengkajian dan Penciptaan Musik)</em>, <em>1</em>(1), 8-14.</p><p>Prier, Edmund. 1996. <em>Ilmu Bentuk Musik. </em>Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi</p><p>Miller, Michael. 2007. <em>The Complete Idiots Guide to Arranging and Orchestration. </em>United          States of America: ALPHA (USA) Inc.</p><p>Moeliono, Anton M. 1990. <em>Kamus Besar Bahasa Indonesia</em>. Jakarta: Balai Pustaka.</p><p>Muttaqin, Moh. 2008. Seni Musik Klasik Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah            Menengah Kejuruan</p><p>PUJIYANA SYAIFUL, A. Y. U. (2015). BENTUK LAGU DAN VARIASI CHORD PADA KARYA MUSIK             œNGASTÄ’TÄ’Hœ. <em>Solah</em>, <em>5</em>(2).</p><p>Prier, Edmund. 2014. <em>Ilmu Kamus Musik. </em>Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi</p>

Published

2020-07-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 5975 , PDF Downloads: 5932