Implementasi Interactive Musical Game “Tuny Stones” sebagai Pengenalan Notasi Balok di Prodigy Music Academy
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi Interactive Musical Game "Tuny Stones" sebagai metode pengenalan notasi balok di Prodigy Music Academy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi dan efektivitas penggunaan "Tuny Stones" dalam pengenalan notasi balok kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa piano di Prodigy Music Academy. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan "Tuny Stones" mempermudah siswa dalam memahami konsep dasar notasi balok. Siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca notasi setelah mengikuti sesi pembelajaran menggunakan "Tuny Stones". Penelitian ini menyimpulkan bahwa "Tuny Stones" adalah alat yang efektif untuk pengenalan notasi balok, memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
American Psychological Association. 2010. Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.
Arifannisa, Yuliasih, M., Hayati, Sepriano, Adnyana, I. N. W., Putra, P. S. U., & pongpalilu, F. (2023). Sumber dan Pengembangan Media Pembelajaran. In Sonpedia Arsyad, A (2014). Media Pembelajaran Banoe, P. (2003) Kamus Musik
Dwanda Putra, L., Zhinta, S., & Pratama,
A. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika, 4(8). http://ojs.cahayamandalika.com/index. php/jtm/issue/archive
Enggar Sari Aningtiyas, Fakhruddin, I. (2012). Pengelolaan Kursus Musik (Studi Pada Lembaga Kursus Musik 99 Jl. Pattimura Raya Ungaran Kabupaten Semarang). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 1 No.1(1), 1–6.
Hidayatullah, R. (2020). Pendidikan Musik: Pendekatan Musik Untuk Anak di Era 4.0. CV. Rumah Kayu Pustaka Utama.
Iktia, G. (2017). Pengantar Teori Musik. Profilm, 131–157.
Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan
Juliet Panggabean, A., & Ance Juliet Panggabean, Ms. (n.d.). PEDAGOGI MUSIK LPPMUHN PRESS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN 2020.
Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN.
Kurniawati, H., Desnita, D., & Siswoyo, S. (2017). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisika Dalam Alat Musik Kordofon Untuk Pembelajaran Bermakna. SNF2017-RND-13-SNF2017-RND- 20. https://doi.org/10.21009/03.snf2017.0 1.rnd.03
Maressa, T. C., Toruan, J. L., & Yuliasma. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Membaca Notasi Balok Menggunakan Alat Musik Di SMPN 4
Pariaman. E-Jurnal Sendratasik FBS
Universitas Negeri Padang, 2(1), 9. Mudjilah, H. S. (2012). Teori Musik 1.
Teori Musik 1, 1–12.
Purnomo, W., & Subagyo, F. (2010).
Terampil Bermusik.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti,
F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009–2018.
Raihan Cahya Adi Putra, Wahyudi wahyudi, Chris Dwi Yanthy, Elok Wigati, & Syarif Fahmi Mauliansyah. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i1. 92
Razak, N. F. N., & Mauliana, P. (2023). Media Pembelajaran Alat Musik Piano dengan Construct 2 Di Sman 1 Kota Sukabumi. EProsiding Teknik Informatika ..., 4(1), 142–153. http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pt i/article/view/960%0Ahttp://eprosidin g.ars.ac.id/index.php/pti/article/downl oad/960/408
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran V ariabel-variabel Penelitian. (Bandung : Alfabeta)
Sugiyono (2022) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D
Wiflihani. (2016). Pengetahuan Dasar Teori Musik. Pendidikan Musik, 1–9. http://digilib.unimed.ac.id/425/1/Peng etahuan dasar teori musik.pdf
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). PENTINGNY A PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanap engabdian.v1i1.581