Strategi Pemasaran Grup Musik Indie Moccatune dan Penciri Musik sebagai Bentuk Kebertahanan

Main Article Content

Yosa Maulana Hakim

Abstract

Grup musik indie Moccatune merupakan grup musik yang dikelola secara mandiri oleh personilnya. Selain itu Moccatune memiliki keunikan pada gaya bermusiknya. Maka dari itu penelitian memiliki tujuan untuk membahas bagaimana strategi pemasaran dan penciri musik dari Moccatune. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan disiplin ilmu strategi pemasaran dan musik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa grup musik indie Moccatune menggunkan strategi bauran pemasaran 4P ( Product, Price, Place & Promotion ) dan menggunaka strategi segementasi targeting dan positioning ( STP ). Penciri musik Moccatune terletak pada gaya musik yang mengusung genre pop tahun 2000an. Genre musik Moccatune adalah teen-pom. Progresi akor pada karya Moccatune adalah III-IV-V-VI. Diksi pada lirik Moccatune menggunakan bahasa Indonesia saja dan menggunakan diksi yan gmudah dipahami namun tetap mengusung keindahan kata.

Article Details

Section
Artikel

References

Akuari, R.K. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Musik di Boni Entertainment Magelang (Skripsi). Fakultas Seni Pertunjukan: Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Ananda. (2022). Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Penggunaan. In Gramedia Blog.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas. Pena Persada

Ash Shiddiqi, H., Maulana, A., & Yuda Oktadus, H. (2020). Panduan Berlatih Musik. Abstraksi Musik. https://abstraksimusik.com/Pandua nberlatihmusik/.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).

Bingar Jati, G., & Rusdi, F. (2021). Strategi Pemasaran Musisi Indie dalam Industri Musik Indonesia (Analisis terhadap Adhitia Sofyan) (Vol. 5, Issue 2).

DeVoto, M.. (2017). cadence. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/art/cad ence-music. Online. Diakses pada 8 Agustus 2024

Ervina, E. W.. 2019. 10 Lagu Moccatune, Kisah Bittersweet Masa Remaja dengan Vibes Anime. https://www.idntimes.com/hype/en tertainment/ervina -emma- wardani/lagu-moccatune-c1c2. Online. Diakses pada 27 Februari 2024 pukul 19.29 WIB

Fourqoniah Finnah; Fikry Muhammad. (2020). Buku Pengantar Periklanan. Lakeisha (p. 197)

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kualitatif : Rekontruksi Pemikiran Dasar Natural Research. Batu. Literasi Nusantara

Handayani, M. T. (2022). Manajemen Pemasaran Adalah. Ekrut Media.

Hari, Sasongko M., & Tengah, J. (2016). Mata Kuliah Musik Pop dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Seni di Indonesia (Vol. 4, Issue 1).

Indira, D., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Analisis Semiotika Pada Musik Video BTS Permission To Dance di CD Album. Ikon-- Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 178-186.

Inserlive. 2020. Apa Itu Moccatune dan Cerita Para Personel. https://www.insertlive.com/film- dan- musik/20200208203437- 27-80197/apa- itu-moccatune- dan-cerita-para-personel--part-2-. Online. Diakses pada 27 Februari 2024 pukul 19.25 WIB

Irawati, E. (2020). Transmisi, Musik Lokal- Tradisional, Dan Musik Populer. Panggung, 30(3),392-410.

Irnanningrat, S. N. S. (2016). Matinya Pertunjukan Musik. Promusika, 4(2), 94-101.

Jeremia, I. O., & Santoso, D. S. B. (2021). Mengaplikasikan Karakteristik Pemimpin Jemaat Menurut Surat Titus di Lingkungan GPdI Wilayah I Manokwari. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(2). https://doi.org/10.47167/kharis.v3i 2.51

Kikitondo. (2019). Wawancara Moccatune, Ketika Musisi dan Illustrator Bersatu Membuat Karya Musik. https://www.risamedia.com/wawan cara-moccatune-ketika-musisi-dan- illustrator-bersatu-membuat-karya- musik/. Online. Diakses pada 27 Februari 2024 pukul 18.37 WIB

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, (17th ed, Global Edition). In Harlow: Pearson.

Kusuma, I. G. (2013). Musik Indie Bagi Kalangan Remaja Di Kota Denpasar: Studi Tentang Antropologi Kesenian.

Kusumawati, H. (2010). Diktat Komposisi. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Yogyakarta

Oktar, W., Suminar, P., & Topan, A. (2016). Kelompok Musik Indie Di Kalangan Remaja (Studi di Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 2(1), 18-28.

Pratama, Y., Fachrurazi, F., Sani, I., Abdullah, M. A. F., Noviany, H., Narulita, S., ... & Islam, D. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi Di Era Digital. Purbalingga. Eureka Media Aksara

Prier, Karl-Edmund SJ. (2015). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, Karl-Edmund SJ. (2023). Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Sadya, Sarnita. (2023). Survei: Pop Jadi Genre Musik Favorit Masyarakat Indonesia. https://dataindonesia.id/varia/detail /pop-jadi-genre-musik-favorit - masyarakat-indonesia. Online. Diakses pada 21 Maret 2024

Scott, R. J. . (2003). Chord progressions for songwriters. Lincoln. Writers Club Press.

Soeharto. (2015). Ilmu Bentuk Musik. Gramedia Widiasarana Indonesia, 23(1).

Sugiyono.(2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA

Wardana, I., Rusidah, S., & Wahyuni, N. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Koperasi (Sumber Data Mandiri) Muara Teweh Kalimantan Tengah. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 6(2), 100-111.