Tinjauan Estetika Lagu Solo Gitar “Romance De Amor” Karya Antonio Rubira
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti unsur intrinsik estetika pada lagu “Romance De Amor” menggunakan teori A.A.M. Djelantik yang meliputi wujud dan bobot/isi. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Kemudian data yang diperoleh dianalisis, disajikan dan disimpulkan dalam bentuk deskriptif naratif. Adapun data-data tersebut berupa jurnal terdahulu yang relevan, teori dari ahli, hasil dari wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian lagu “Romance De Amor” karya Antonio Rubira memiliki nilai estetika yaitu simetri yang dilihat dari pembagian birama dari setiap kalimat, ritmenya teratur dan harmoninya sederhana, kemudian terdapat suasana yang terbangun melalui unsur musiknya, terdapat kontras, ada pula penekanan dan penonjolan melodi. Pesan yang terkandung dalam lagu “Romance De Amor” terdapat perubahan tangga nada dari tangga nada minor ke tangga nada mayor. Terdapat perubahan tangga nada dari E minor menuju E mayor yang dapat diartikan pemposisian pada jari dan fret yang sama agar tidak sulit saat memainkan lagu “Romance De Amor”.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aji, I. W. D., & Suwahyono, A. ANALISIS TEKNIK DALAM LAGU ROMANCE DE AMOUR PADA INSTRUMEN GITAR KLASIK. Solah, 8(2).
Djelantik, A.A.M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. 1999. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan.
Handoko, A. B. (2022). Estetika Musik Gereja dalam Perspektif Estetika Musik dan Teologi Kristen. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(2), 72-83.
Nabila, A. (2018). Penerapan Teknik Economic Gitar Pada Lagu Tango En Skai Karya Roland Dyens. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(2), 32-41.
Savitri, S. (2013). Estetika Fasad Pada Bangunan Kolonial 1920-1940. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 1(1).
Sunarto (Ed.). 2016. Estetika Musik. Yogyakarta: Thafa Media
SURYAJAYA, Martin. (2016). Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta: Gang Kabel.
Utomo, T. P. (2010). Estetika Arsitektur dalam Perspektif Teknologi dan Seni. Pendhapa, 1(1).
Walidaini, B. (2020). Formula Latihan Teknik Tangan Kanan dalam Gitar Klasik: Shearer, Parkening, dan Werner. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 3(2), 89-96.
Yuniarko, A. B. (2020). Analisis Teknik Permainan Gitar Klasik Pada Lagu Maxixe Karya Agustin Barrios Mangore. Repertoar Journal, 1(1), 139-152.
Yuningsih, C. R., Al Ghiffary, F., & Sintowoko, D. A. (2021). Representasi paradoks dan harmoni dalam berkarya. Jurnal Rupa, 6(2), 112-117.