Hubungan Mendengarkan Musik Pop Dengan Penguasaan Keterampilan Memainkan Instrumen Musik Mahasiswa Musik Unesa

Main Article Content

Jihan Mutiara Dianita

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara mendengarkan musik pop dengan penguasaan keterampilan memainkan instrumen musik pada mahasiswa prodi musik Unesa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel random sampling.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh 100 responden yang dibuktikan dengan analisis data menggunakan Uji KorelasiProduct Moment Pearson 0,541** dan nilai Sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mendengarkan musik pop dengan penguasaan keterampilan memainkan instrumen musik pada mahasiswa Program Studi Musik Unesa.            

Article Details

Section
Artikel

References

Arikunto, P. D. S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). http://opac.lib.unlam.ac.id/id/opac/detail.php?q1=634.9&q2=Suh&q3=P&q4=

Dewi, V. E. (2023). Correlation Between Mastery of Music Theory, Solfegio, and Profiency in Playing Primary Music Insrument at The Intermediate Level in Music Program, Universitas Negeri Surabaya. Journal.unnes.ac.id, 12 No 1.

Drs. Saifuddin Azwar, M. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok metodologi penelitian dan aplikasinya. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=85010&pRegionCode=UNTAR&pClientId=650

Ir. Syofian Siregar, M. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Fajar Interpratama Mandiri Olffselt.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.