Analisis Struktur Lagu “Selamat Hari Lebaran” Karya Ismail Marzuki Aransemen Aditya Susilo Sakti

Authors

  • Timotius Richy Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Struktur lagu, Selamat Hari Lebaran, Ismail Marzuki, Aransemen, Aditya Susilo Sakti

Abstract

Ismail Marzuki merupakan komposer besar Indonesia yang telah menciptakan sederet karya salah satunya lagu Selamat Hari Lebaran. Lagu ini telah banyak di cover dan diaransemen oleh berbagai kalangan salah satunya adalah Aditya Susilo Sakti. Dalam aransemen lagu Selamat Hari Lebaran karya Aditya Susilo Sakti terdapat beberapa pengolahan meliputi pengolahan ritme, melodi, dan harmoni. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: struktur lagu, bentuk lagu, frase, motif, ritme, melodi, harmoni. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam metode tersebut objek penelitiannya adalah struktur lagu dan aransemen. Sumber data yang digunakan adalah dari fullscore lagu Selamat Hari Lebaran dan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dengan narasumber, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil analisa yang didapat adalah  lagu selamat hari lebaran terdiri dari 6 frase dan 10 motif. Terdapat struktur lagu yang telah dikaji oleh peneliti. Aransemen dalam lagu ini terdapat beberapa pengolahan ritme, melodi, dan harmoni.

References

Faturrozi, Muhammad Muchlis. Aransemen Lagu Tahan Airku Karya Ibu Sud Oleh Joko Suprayitno (Tinjauan Variasi Melodi). Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2020.

Anugerah, Fredy Y. Aransemen Lagu “I Dont Wanna Miss A Thing” Oleh Grup Band Cafe Evening Melody di Surabaya (Tinjauan Bentuk Lagu dan Progres Akord). Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2017.

Caturono, Yahya. Analisis Variasi Melodi dan Struktur Lagu Pada Konserto Trumpet In Es Karya Joseph Haydn. Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2019.

Putra, Ditya Cahya. Tinjauan Variasi Melodi dan Struktur Lagu “6 Variations On Folies d’Espagne Op.45” Karya Mauro Giulani. Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2018.

Arlansyah, Ade Endy. Analisis Bentuk dan Variasi Melodi Symphony No.9 In E Minor IV: Allegro Con Fuoco Karya Antonin Dvorak. Repertoar Journal, 1(2), (2021): 226-245.

Indyana, Luth. Twinkle-Twinkle Variation 6 To 12 Karya WA Mozart dalam Tinjauan Variasi Melodi dan Teknik Permainan Instrumen Piano. Repertoar Journal, 1(2), (2021): 333-346.

Maulana, Fadil P. Interpretasi Dan Teknik Permainan Saxophone Pada Lagu Aria Karya Eugene Bozza. Repertoar Journal, 1(1), (2020): 126-138.

Rokhman, Zainuddin A. Permainan Saxophone Dalam Pertunjukan Musik Jazz Pada KomunitasJes Udu Di Purwokerto. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015.

Nainggolan, Rony A. Teknik Penyajian Terhadap Lagu Body and Soul Karya Johnny Green Versi Coleman Hawkins. Skripsi, Universitas HKBP Nommensen, 2020.

Almanda, Hafi H. Interpretasi Lagu “Segalariak” Karya Josu Elberdin Oleh Yosafat Rannu Lepong Dalam Tinjauan Conducting. Jurnal Repertoar, 1 (1), (2020).

Habibah, Jessy M. Interpretasi Lagu Bohemian Rhapsody Karya Freddie Mercury Aransemen Bayu Werdiyanto Dalam Tinjauan Conducting Oleh Bayu. Repertoar Journal, 2(1), (2021): 1-12.

Salsabilla, Salma F. Interpretasi dan Bentuk Penyajian Lagu Habanera Dalam Opera Carmen Karya George Bizet Oleh Heny Janawati. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 3(2), (2020): 97-109.

Sukohardi, Al. 1975. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Prier, Karl Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Miller, Hugh M. 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-10-14
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 97