Proses Produksi Musik pada Lagu “Mati Sepi Sendiri” dalam Industri Musik Independen sebagai Musisi Lokal Asal Surabaya

Authors

  • Rahadanti Ayu Pradnya UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Produksi Musik, Pemasaran Musik, Mati Sepi Sendiri, Musikawan, Industri Musik Independen

Abstract

Musikawan merupakan musisi lokal asal Surabaya, yang telah berhasil melakukan produksi single pertama mereka dengan judul Mati Sepi Sendiri secara mandiri. Produksi musik independen telah menjadi fenomena yang signifikan dalam industri musik itu sendiri. Dalam beberapa waktu terakhir, perubahan paradigma masyarakat telah memungkinkan penggiat musik untuk menciptakan, merekam, dan mempublikasikan karya musik mereka tanpa ketergantungan pada label rekaman. Fenomena ini telah memberikan ruang baru bagi banyak penggiat musik yang tidak memiliki akses ke jalur mainstream untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Walaupun produksi musik independen dilakukan atas dasar kebebasan, bukan berarti dilakukan tanpa adanya teori dan aturan. Fokus dari teori ini adalah mengenai langkah-langkah dalam proses recording hingga publikasi dalam industri musik yang akan disesuaikan dengan proses produksi yang dilakukan dalam lagu Mati Sepi Sendiri. Karena itulah lagu Mati Sepi sendiri milik Musikawan berhasil melalui proses alternatif produksi musik serta publikasi secara mandiri tanpa harus dinaungi sebuah label-rekaman.  

References

A. Nafia Ika Sudrajat, S. (2017). Dialektika Kultur Musik Indie. Studi Tentang Dilema Independensi Pada Grup Musik Ruang Kosong di Kota Surabaya, 1-6.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Burgess, R. (2013). The Art of Music Production . In Oxford University Press, vol. 84.

Fawaid, M. A. (2022). Musik Indie: Alternatif Musik Tanpa Label (Tinjauan: Produksi Karya Band Silampukau). Repertoar.

Hepworth-Sawyer, R. &. (2009). From Demo To Delivery The Process of Production. Oxford: Focal Express.

Holly Day, S. J. (2021). Music Composition For Dummies, 2nd Edition. John Wiley & Sons, 2021.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Kayam, U. (1981). Seni, Tradisi, Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Kholid, D. M. (2022). Proses Produksi Musik Pada Lagu Lara Oleh Band Dialog Senja. SWARA.

Knab, C. (2010). What’s a Record Label Deal All About? Diambil kembali dari Music Biz Academy: http://www.musicbizacademy.com/knab/articles/recorddeal.htm

Kung, L. (2008). Strategic Management in The Media. London: SAGE Publication.

Lathrop, T. (2003). This Business of Music Marketing & Promotion (This Business of Music: Marketing & Promotion). Revised Edition.

Lestari, N. D. (2019). Proses Produksi Dalam Industri Musik Independen di Indonesia, 161-168.

Marshal, A. (2014). Identitas Musik Dalam Indie Label Studi Kasus Band White Shoes and The Couples .

Murphy, S. (2015). Independent music marketing in the digital age: an examination of the decision making process and key issues facing an independent singer-songwriter producing and marketing an album (LP) in the digital age. An autoethnographic exploration of opportunities and challenges for independent musicians.

Naldo. (2013). Musik Indie Sebagai Perlawanan Terhadap Industri Musik Mainstream Indonesia. Studi Kasus Resistensi Band Mocca dalam Menyikapi Industri Musik Indonesia.

Nelson, E. H. (2018). From selling out to savvy strategy: how The O.C. helped change the stigma around licensing indie music. Creative Journal.

Prof. Dr. Djama'an Satori, D. A. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. bandung: Alfabeta.

Putra, R. M. (2019). Musik Rilisan Fisik Di Era Digital: Musik Indie Dan Konsumsi Rilisan Musik Fisik. Jurnal Komunikasi, 128-140.

R. J, B. (2013). The Art of Music Production The Theory and Practice. Oxford University.

Resmadi, I. (2017). Music Records Indie Label: Cara Membuat Album Independen. Bandung: Dar Mizan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Umam, N. A. (2021, October 18). ITS News. Diambil kembali dari its.ac.id: https://www.its.ac.id/news/2021/10/18/mengenal-industri-musik-dan-produksi-dibaliknya/

Zagorski-Thomas, S. (2016). The Art of Record Production. Diambil kembali dari The Art of Record Production: https://doi.org/10.4324/9781315612638

Downloads

Published

2023-08-02
Abstract views: 216 , PDF Downloads: 142