Analisis Harmoni (Modulasi dan Progresi Akord) “Infernal Galop” Karya Jacques Offenbach Aransemen Depapepe

Authors

  • Alfirdo Felix Jhordan Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Harmoni, Modulasi, Progresi Akord, Gitar

Abstract

Infernal Galop adalah lagu ciptaan Jacques Offenbach yang diaransemen oleh Depapepe dalam bentuk format duo gitar. Lagu memiliki tempo yang cepat dan tegas, serta terdapat modulasi dan progresi akord yang menarik untuk dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harmoni (Modulasi dan Progresi Akord) pada lagu Infernal Galop aransemen Depapepe. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui studi literatur, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; Modulasi terjadi 2, sementara dan tetap, modulasi sementara sebagai variasi akord yang tetap selaras dengan melodi lagu dan modulasi tetap memberikan kesan kejutan karena perubahannya tidak diberikan jembatan akord melainkan secara langsung. Progresi akord yang dimainkan terdiri dari pola biasa dan tidak biasa, serta progresi akord yang dimainkan cepat dan beberapa susunan akord tidak sesuai dengan tonika awal yang dimainkan namun tidak lepas dari melodi dari lagu.  

References

.Alfanikmah, Vita. 2015. Analisis Harmoni Lagu He That Shall Endure To The End Karya Felix Mendelssohn Bartholdy. Skripsi. Fakultas Sastra dan Budaya. Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Apel, Willi. 1950. Harvard Dictionary of Music. Cambridge, Massachusetts: Havard University Press.

Banoe, Pono. 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni. Yogyakarta: Kanisius.

Caturono, Yahya. “Analisa Variasi Melodi Dan Struktur Lagu Pada Konserto Trumpet In Es Karya Joseph Haydn”. Virtuoso (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik) Vol. 1, No.2 (2019): 36.

Edmund Prier, K. 1994. Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Edmund Prier, K. 2014. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Grovlez, Gabriel. “Jacques Offenbach: A Centennial Sketch”. The Musical Quarterly Vol.5, No.3 (1919): 329 – 337.

Hanum, Jonathan. 2001. Teori Musik Dasar: Cara Membaca, Menulis, dan Memahami Musik Tulis. Sol-Ut Press.

Kenta, Satou. (2013) Last FM : Depapepe Biography, (Online), (https://www.last.fm/music/DEPAPEPE/+wiki, diakses 8 Juli 2022).

Loyola University School of Music Industry. Performance – Loyola Opera – Orpheus in the Underworld – Act 1. YouTube Video, 41:25. 29 Juli 2011. https://www.youtube.com/watch?v=Dt04cP5HmI0.

Loyola University School of Music Industry. Performance – Loyola Opera – Orpheus in the Underworld – Act 2. YouTube Video, 35:36. 29 Juli 2011. https://www.youtube.com/watch?v=DQJq80Wsxu4.

McNeill, Rhoderick J. 2006. Sejarah Musik 2 : Musik 1760 sampai dengan Akhir Abad ke-20. Jakarta: Gunung Mulia.

Moloeng . 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musttaqin, Moh. Kustap. 2008. Musik Klasik : Pengantar Musikologi Untuk SMK. Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Pratiwi, Roseria. 2019. Analisis Harmoni Pada Lagu “Kiss The Rain” Karya Yiruma. Skripsi. Fakultas Seni dan Sastra. Seni Musik. Universitas Pasundan. Bandung.

RKSJB MAjA FM. 2021. Pengertian Musik dan Lagu Serta Perbedaannya, (Online), (https://www.rksbmajafm.com/2021/07/pengertian-musik-dan-lagu-serta.html?=1, diakses 7 Juli 2022).

Sakti P, Indra. 2020. Tinjauan Harmoni Dalam Lagu “Home” Karya Andrew York. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Seni Musik. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Sri M, Hanna. 2010. Diktat Teori Musik 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutrisno, Yosua. 2020. Analisis Harmoni Akor Dan Interpretasi Pada Komposisi Flight Of The Bumble Bee Karya Nicolas Rimsky-Korsakoff. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Seni Musik. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Yoginda Z, Achmad. 2016. Pengaruh Jingle “Indome Seleraku” Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Indomie Pada Kalangan Mahasiswa Program Studi Seni Musik Di Universitas Pasundan. Skripsi. Fakultas Ilmu Seni dan Sastra. Seni Musik. Universitas Pasundan. Bandung.

Downloads

Published

2023-07-19
Abstract views: 411 , PDF Downloads: 184