Concerto No. 2 3rd Movement Karya F.Seitz dalam Tinjauan Teknik Permainan Violin

Authors

  • Wina Arsela Putri Romadhoni UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Concerto, F.Seitz, Teknik Permainan, Violin

Abstract

F.Seitz merupakan komposer yang menciptakan karya Concerto No.2 3rd Movement. Karya ini cukup menarik untuk diteliti. Objek dalam penelitian adalah partitur Concerto No.2 3rd Movement karya F.Seitz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teknik permainan violin yang meliputi teknik menggesek dan teknik penjarian. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai macam  teknik permainan violin pada Concerto No.2 3rd Movement karya F.Seitz. Teknik menggesek yang digunakan dalam komposisi ini yaitu legato, staccato, spiccato, tenuto, legato staccato, double stops dan Accent. Sedangkan teknik penjarian yang digunakan dalam komposisi ini yaitu penggunaan penjarian posisi 1, acciaccatura dan arpeggio.

References

Banoe, P. (2003). Kamus musik (Kanisius (ed.)).

Galamian, I. (1962). Principles of Violin: Playing & Teaching. Prentice-Hall.

Jamalus, D. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Julianto, S. P. B. (2022). Analisis Teknik Permainan Violin Pada Concerto in a Minor 1St Movement Karya Antonio Vivaldi. Repertoar Journal, 2(2), 312–322.

Karyawanto, H. Y., Sarjoko, M., & Dewi, V. E. (2022). Variative etude as skill-forming on the Youth Level Viola major course at music study program. In Innovation on Education and Social Sciences (pp. 49–55). Routledge.

Prier, K.-E. (1993). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Riqmadita, N. (2009). Cara Mudah Bermain Biola Untuk Pemula. Ekspresi.

Roeder, M. T. (1994). A History of the Concerto. Hal Leonard Corporation.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susilo, A. E., Emridawati, E., Hendri, Y., & Martarosa, M. (2022). Interpretasi dan Ekspresi Solis Violin: Repertoar Concerto In A Minor, Zapin Kasih dan Budi, Rangkaian Melati dan Amazing Grace (Solis Violin Interpretation and Expression: Concerto In A Minor Repertoire, Zapin Kasih dan Budi, Rangkaian Melati and Amazing. MUSICA: Journal of Music, 2(1), 1–12.

Winram, J. (1908). Violin Playing and Violin Adjustment. W. Blackwood & sons.

Zein, S. M. (2015). Analisis Teknik Permainan Violin Concerto No. 5 Op. 22 1st Movement Karya Fritz Seitz. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-26
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 50