Analisis Aransemen dan Proses Kreatif Pada Lagu “Dan Semua Yang Tertinggal” oleh Grup Musik Zombies Daylight

Authors

  • Muhammad Faris Febrianto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Analisis, Aransemen, Grup Musik.

Abstract

Lagu dan semua yang tertinggal adalah lagu dari band zombies daylight yang diaransmen dari versi lama menjadi versi yang baru. Terdapat beberapa perbedaan konsep dan aransmen pada versi yang baru ini. Dalam penelitian ini penulis akan mencoba menjabarkan analisis struktur aransmen dan proses kreatif pada lagu dan semua yang tertinggal. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi tidak langsung, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) proses kreatif yang dilalui oleh band zombies daylight sesuai dengan ciri-ciri kreativitas yang disebutkan oleh Wallas yang meliputi, tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi, (2) Lagu dan semua yang tertinggal telah memenuhi aspek yang telah dijelaskan oleh Pujiwiyana diantaranya terdapat introduksi, verse, chorus, interlude, transisi, koda dan harmoni, dan ending.

References

Firmansyah F. Proses Aransemen Lagu Dalam Bentuk Musik Tema Variasi. Sitakara, 15-39

Jati, G. B., & Rusdi, F. (2021, Oktober). Strategi Pemasaran Musisi Indie dalam Industri Musik Indonesia (Analisis terhadap Adhitia Sofyan). Prologia, 5(2), 218-222.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosda.

Munandar, U. (1999). Pengembangan kreativitas anak berbakat (Cetakan 2). Jakarta: PT. Rineka Cipta.Kualitatif. Bandung: Alfabet

Pujiwiyana. (2009). BAGIAN PENTING DARI ANALISA MUSIK DALAM PERMAINAN DRUM DAN MARCHING BAND. Persatuan Drum Band Indonesia.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. (E. Munastiwi, & H. Ardi, Eds.) Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syahida, M. A. (2020). STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI MUSIK INDEPENDEN KOTA SEMARANG DI ERA DIGITAL. Binawakya, 15(3), 4235-4243.

Wallas, G. (1926). The Art of Thought (Vol. 10). Michigan: Hardcourt, Brace.

Wilson, F. R. (1985, May). Music as Basic Schooling for The Brain. Music Educators Journal, 71(9), 39-42.

Downloads

Published

2023-07-24
Abstract views: 175 , PDF Downloads: 124