Analisis Bentuk Musik Repertoar “Maple Leaf Rag” Karya Scott Joplin

Authors

  • Hana Primasari Puspitarini Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Rag, Bentuk Musik, Scott Joplin

Abstract

“Maple Leaf Rag” merupakan repertoar piano karya Scott Joplin. Scott Joplin adalah seorang musisi Amerika, dan dijuluki “King of Ragtime”. “Maple Leaf Rag” dipercaya membawa pengaruh besar terhadap musik Jazz. Gaya permainan “aneh dan memabukkan” Scott Joplin pada “Maple Leaf Rag” ini terepresentasikan pada bentuk musiknya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan bentuk musik dari “Maple Leaf Rag”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian diperoleh melalui studi dokumentasi, wawancara dengan narasumber, observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep teori bentuk musik oleh Prier (2017), dimana teori ini membahas mengenai struktur bentuk musik. Berdasarkan hasil analisis yang di dapat menunjukan bahwa komposisi ini menggunakan sukat 2/4 dengan tonalitas As yang memiliki modulasi ke Des dan berakhir di akor As.

References

Anggoro, R. R. M. K. M., & Karyawanto,

H. Y. (2020, December). Study of Dalcroze’Eurhythmics Concept on Hanon Fingering Etude in Developing Piano Core Skill. In International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH2020) (pp. 561-566). Atlantis Press

Arbi, J. (2018). Bentuk Lagu Olang Binti Karya Suparmi Di Group Randai Ali Baba Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Pendidikan Seni, Drama, Tari Dan Musik).

Fauzi, W. A. (2020). Perkembangan musik di Pesantren Robithoh Ciparay tahun 2007-2018 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Jamalus. (1991). Pendidikan Kesenian I (musik). Jakarta : Bumi Aksara.

Mahdy, D. A. (2021). Analisis Bentuk Musik dan Teknik Permainan Piano Traumerei From Kinderszenen, Op. 15: No. 7 in F Major. Robert Schumann. Repertoar Journal, 2(1), 92-101.

Maulida, R. N., & Liana, C. O. R. R. Y. (2018). Benny Likumahuwa dalam Perkembangan Musik Jazz di Indonesia Tahun 1966-1986. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(2), 105-112.

Mudjilah, H. S. (2004). Teori Musik Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 7.

Novandhi, N. K., & Yanuartuti, S. (2020). Bentuk Musik dan Makna Lagu Garuda Pancasila. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(2), 113-123.

Prier, K. E., & Edmund, K. (1996). Ilmu bentuk musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

RAVEL, K. M. ANALISIS STRUKTUR DAN TEKNIK PERMAINAN PIANO “CONCERTO POUR LA MAIN GAUCHE EN RE MAJEUR”.

Sholikhah, J. N. (2019). Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dalam Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 2(1), 15-27.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwahyono, A. (2018). Caprice No. 24 Karya Paganini Pada Solo Gitar Aransemen John Williams (Analisis Bentuk Musik). Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 1(1), 24-29.

Winarko, J., Suwahyono, A., & Anggoro, R. R. M. K. M. (2020, December). The Development of Indria Level Piano Learning Material With Practical Tutorial Methods for Music Study Program Students. In International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) (pp. 705-713). Atlantis Press.

Downloads

Published

2023-07-31
Abstract views: 166 , PDF Downloads: 94