Lagu Ibu Kita Kartini Versi Keroncong oleh Sruti Respati dalam Konteks Analisis Teknik Vokal dan Ornamentasi
Keywords:
Analisis, Teknik Vokal, Ornamentasi, Sruti RespatiAbstract
Sruti Respati merupakan sosok fenomenal dalam memyanyi keroncong yang terkenal di indonesia. Penelitian ini fokus pada analisis teknik vokal dan ornamentasi yang digunakan oleh Sruti Respati pada Lagu Ibu Kita Kartini Versi Keroncong.penelitian ini menggunkakan metode kualitatif deskriptif. Data diperolah melalui observasi langsung dengan wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, pengambilan kesimpulan Teknik vokal Sruti Respati dalam membawakan lagu Ibu Kita Kartini versi keroncong meliputi; legato, Artikulasi, prhasering. Dalam menerapkan teknik tersebut menghasilkan Ornamentasi yakni; cengkok, gregel, luk, embat, nggandul/(aksen tidak sesuai dengan ritme). Legato Sruti Respati dalam membawakan lagu tersebut pada birama 7 terdapat penggunaan legato pada nada C dengan nilai ketukan ½ dan nada C selanjutnya dengan nilai ketukan yang sama. Artikulasi Sruti Respati dalam membawakan lagu tersebut juga menggunakan beberapa penekanan di beberapa huruf pada setiap lirik yang dinyanyikan seperti pada huruf “R” di kata “Kartini”. Phrasering Sruti dalam membawakan lagu tersebut menggunakan sebuah pemengalan pada awal, pertengahan dan akhir. Ornamentasi yang digunakan Sruti Respati adalah Cengkok, Gregel, Luk, Embat dan Nggandul. Cengkok yang Sruti Respati dapat dilihat pada bait sebelum modulasi adalah pada kalimat “Indonesia”, “Kartini”.
References
Dian Elrica Permatasari (2014), Karakteristik Vokal Sruti Respati “Tak Lelo Ledhung” Versi Sa’Unine String Orchestra”
Nadya Rany Sekar Pambajeng (2019), Teknik vokal dan pembawaan lagu keroncong stambul Tinggal Kenangan ciptaan Budiman BJ,
Dhara Lastarya Jan mahasiswi (2017), Keroncong Tanah Airku
Kusbini (1970). Sejarah musik keroncong yogyakarta: sanggar olah seni indonesia.
Sugiyono (2018). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&d. bandung; alfabeta.Cet14.
Bonoe, pono ( 2003). Kamus musik. Yogyakarta kanisius
Budidharma, Pra (2001). Metode vokal profesional. Jakarta: PT Elex media kompitudo.
Daimly Hasan. (1958). Teori musik: yogyakarta SMIND
Sugono, Dendy,ddk. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta
Soewito. M.( 1996). Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.
Harmunah. (1987), Teknik vokal langgam Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Harmunah. (1988). Teknik lagul langgam Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Arikunto 2007:152. Kamus Besar Bangsa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Lofland Moleong, 2013 . Kamus Besar Bangsa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Miyono 2018. Kamus Besar Bangsa Indonesia. Jakarta: Pusat
Hanna Sri Mudjilah, 2010. Teori musik yogyakarta: Tim Pusat Musik LiturgiBahasa.
Rahardjo, Slamet. 1990. Teori Seni Vokal untuk SMA. Semarang: Media Wiyata.
Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Asriyani, N., & Rachman, A. (2019). Enkulturasi Musik Keroncong Oleh O.K Gema Kencana Melalui Konser Tahunan Di Banyumas. 1. https://doi.org/10.7592/musikolastika.v1i2.27
Darini, R.-. (2012). Keroncong: Dulu Dan Kini. Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah, 6(1). https://doi.org/10.21831/MOZ.V6I1.3875
Ferdian, F. (2019). Penerapan Metode Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa. Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1). https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.674
Mubin, I. S., & Laksman-Huntley, M. (2021). Intonasi Tuturan Deklaratif Dan Interogratif Bahasa Indonesia Oleh Pelajar Korea. 43 | JURNAL ILMU BUDAYA, 9(2).
Niswati Khoiriyah, S. S. S. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta.
Nurilawati, R., & Pamuji, D. (2016). Penerapan Metode Pelatihan Olah Vokal Terhadap Ketereampilan Bernyanyi Anak Tunanetra.
Sukrisno Putra, C. (2015). Pembelajaran Vokal Dengan Metode Solfegio Pada Paduan Suara Gracia Gitaswara Di GKJ Cilacap. In JSM (Vol. 4, Issue
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Repertoar Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

