Tinjauan Estetika pada Permainan Piano “River Flows in You” Karya Yiruma

Authors

  • Amalia Antari Murti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Estetika Musik, New Age Music, Yiruma, River Flows in You

Abstract

Komposisi “River Flows In You” karya Yiruma merupakan salah satu komposisi terlaris sehingga pada tahun 2011 dibuat dalam versi terbaru dengan albumnya yang bertajuk “The Best-Reminiscent 10th Anniversary”. Komposisi ini memiliki nilai keindahan atau estetika dan termasuk golongan “New Age Music” dikarenakan menggabungkan unsur klasik dan pop. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan estetika dalam unsur intrinsik dan unsur ekstra musikal komposisi “River Flows In You” menggunakan teori dari A.A.M. Djelantik yang meliputi wujud, isi/bobot dan penampilan. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif karena jurnal, literatur dan kajian sebelumnya berbentuk narasi.Kemudian data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis, disajikan dan disimpulkan secara deskriptif naratif. Adapun data-data tersebut berupa jurnal, penelitian terdahulu yang relevan, teori dari ahli, hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa komposisi “River Flows In You” karya Yiruma memiliki nilai estetika dalam unsur intrinsik karena simetri, ritmenya teratur dan harmoninya selaras, kemudian ada mood yang dibangun melalui unsur musiknya, terdapat unsur kontras, terdapat penekanan/penonjolan melodi dan keseimbangan unsur musiknya. Untuk unsur ekstra musikal, Yiruma memainkan komposisi tersebut dengan menghayati sehingga dapat mencerminkan perasaan melalui unsur-unsur musik yang dimainkan dengan jelas. Komposisi ini memiliki makna tentang cinta dan kasih sayang. Yiruma dapat memainkan komposisi dengan baik karena memiliki bakat musik dan keterampilan yang didapatkan dari ketekunan berlatih.

References

Banoe, P. (2003). Kamus Musik Kanisius.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Hardjana, Suka. 2018. Estetika Musik Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Art Music Today.

Jamalus. (1991). Pendidikan Kesenian I (Musik). Jakarta: Bumi Aksara.

Pelayo III, J. M. G. (2013). Insights and Opinions of College Students on Classical Piano Instrumental Music. Online Submission.

Prier SJ, Karl Edmund. (2020). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Sugiyono, Prof. Dr. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sunarto (Ed.). 2016. Estetika Musik. Yogyakarta: Thafa Media

Sunarto, S. (2016). Estetika Musik: Autonomis versus Heteronomis dan Konteks Sejarah Musik. PROMUSIKA, 4(2), 102-116.

Supriyadi, S. (2019). Nilai Estetis Musik dalam Rentang Sejarah Musik Barat. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 2(1), 1-18.

Downloads

Published

2023-07-28
Abstract views: 1080 , PDF Downloads: 325