Tinjauan Teknik Permainan Alat Musik Piano Pada Lagu “Allegro Barbaro Sz. 49” Karya Bela Bartok

Authors

  • Amadeous Fazsya Sedjati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Allegro Barbaro, Bela Bartok, Teknik Permainan Piano

Abstract

Penelitian ini fokus pada teknik dan implementasi permaianan piano dari karya Bela Bartok yang berjudul "Allegro Barbaro Sz. 49". Komposisi ini di ciptakan di era modern pada tahun 1911 dan pertama kali dipublikasikan pada tahun 1912. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara narasumber, observasi, dan dokumentasi. Pembahasan yang dilakukan mengacu pada implementasi dan teori teknik permainan piano. Teori yang dipakai untuk melakukan peneliti komposisi ini merupakan teori milik Louis Kentner. Salah satu aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah penggunaan tangga nada pentatonik, diatonik (whole tone), dan kromatik dalam komposisi. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti faktor ritme yang kuat, tanda tempo Giusto (76-84 Bpm) dengan sukat 2/4, perbedaan dinamika yang signifikan, dan jumlah birama yang mencapai 224. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik permainan piano yang digunakan dalam karya tersebut, termasuk penggunaan chord, accent, marcato, tenuto, staccato, legato, legatura, sustain, dan implementasi teknik-teknik ini dalam repertoar tersebut. Dalam komposisi "Allegro Barbaro Sz. 49" Bela Bartok menggunakan chord secara luas, dengan penggunaan awal dan akhir yang menggunakan F# minor. Dalam memahami musikalitas, sejarah periode, dinamika, ritme, ornamen, dan interpretasi merupakan faktor yang sangat penting untuk mendukung penampilan piano dalam mengimplementasikan suatu karya.

References

Afif, M. (2021). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN PIANO PADA KOMPOSISI oeFRAGMEN KARYA JAYA SUPRANA. Repertoar Journal, 1(2), 281-291.

Banoe, Phono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kasinus.

Hafizhah, A. Y. (2021). PERMAINAN PIANO PADA REVERIE IN F MAJOR KARYA CLAUDE DEBUSSY (TINJAUAN TEKNIK, ARTIKULASI, DAN INTERPRETASI). Repertoar Journal, 2(2), 269-283.

Jamalus. 1988. Panduan pengajaran buku pengajaran musik melalui pengalaman musik, Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Kentner, Louis. 1976. Yehudi Menuhin Music Guides piano. New York Schirmer Books.

Kustap, Muttaqin. 2008. Seni Musik Klasik Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan.

Latifah, kodiyat. 2009.Istilah-istilah musik. Jakarta: DJAMBATAN.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Analisis Data Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Penerbit Wineka Media.

Oktavia, B. I. (2022). Analisis Teknik Permainan Piano dan Interpretasi Waltz In A Minor Karya Frederic Chopin. Repertoar Journal, 3(1), 104-113.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Rutherford-Johnson, T. (2017). Music after the fall: Modern composition and culture since 1989. Univ of California Press.

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.

Sugiyono. (2018). Pengertian Dokumentasi.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-07-13

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 109