Jingle Gypsum Indoboard Karya Sodo Lanang dalam Tinjauan Kreativitas dan Aransemen

Authors

  • Deyva Aliefya Putri Sanjaya Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kreativitas, Aransemen, Jingle Gypsum Indoboard, Sodo Lanang

Abstract

Musik Jingle umumnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, namun jingle Gypsum Indoboard dibuat oleh Sodo Lanang untuk keperluan lomba penciptaan jingle oleh CV Mulia. Penelitian ini berfokus pada pertanyaan “Bagaimana proses kreativitas dan aransemen Sodo Lanang dalam menciptakan jingle Gypsum Indoboard?”. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi tidak langsung, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) proses kreatif yang dilalui oleh Sodo Lanang sesuai dengan ciri-ciri kreativitas yang dikemukakan oleh Wallas meliputi, tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi. Proses kreativitas oleh Sodo Lanang meliputi tahap inkubasi yang dilalui sebanyak dua kali sebelum melanjutkan ke tahap-tahap selanjutnya, (2) jingle Gypsum Indoboard telah memenuhi aspek yang telah dikemukakan oleh Kawakami diantaranya terdapat introduksi, chorus, interlude, variasi, dan ending. Aspek harmoni pada jingle tersebut mengacu pada pemakaian scale F dorian, aspek ritmis dibentuk melalui instrumen perkusi, sedangkan aspek melodi didukung oleh olah vokal serta gitar elektrik. Kadens ditemukan pada bagian verse 1, dan verse 2, sedangkan pengolahan motif terjadi pada bagian verse1, chorus 1, verse 2, serta chorus 2.

References

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.

Graham Wallas (1970:92), The Art of Thought, England: Penguin Books.

Kawakami, Genichi (1975:260) Arrangging Popular Music : A Practical Guide, Yamaha Music Foundation, Tokyo, Japan.

Moleong, Lexy. J (2016) Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Reichert, Gene (1972) Advertising. New York: Hamilton Institute

Sutherland. Max (2008) Advertising and The Mind of The Consumer: what works, what doesnt, and why, Allen & Unwin, Australia

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Soeharto, M. (1992) Kamus Musik. Jakarta: Gramedia widia sarana Indonesia.

Soewito, D.S. (1996:45) Mengenal Alat Musik . Bogor : Titik Terang

Soehadi, W. Agus. (2005) Effective Branding: Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat Dan Kuat. Bandung: Pt. Mizan Pustaka.

Downloads

Published

2023-07-19
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 59