PERGESERAN INSTRUMENTASI DAN KARAKTERISTIK MUSIK DANGDUT ERA DIGITAL DI JAWA TIMUR

Authors

  • Fatur Gigin Hananta Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pergeseran, instrumentasi, karakteristik, musik dangdut era digital

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pergeseran instrumentasi dan karakteristik pada musik dangdut era digital di Jawa Timur. Pembahasan yang dipaparkan mengacu pada teori musik fokus instrumentasi dan karakteristik dangdut. Tujuan penelitian ini mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan sekaligus pergeseran musik dangdut era digital di Jawa Timur serta mengetahui karakteristik musik dangdut era digital di Jawa Timur. Selain itu, penelitian ini memiliki manfaat, khususnya secara teoritis, yakni dapat memperkuat pemahaman teori musik, terutama tentang instrumentasi dan karakteristik musik dangdut. Jenis penelitian ini yakni kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data lisan dan tulisan terkait musik dangdut era digital di Jawa Timur yang dianalisis serta disajikan dalam bentuk kalimat dan juga paragraf. Sumber data yang digunakan yakni narasumber, observasi, dan pustaka, sehingga teknik yang digunakan yakni teknik baca catat, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memaparkan bukti bahwa terjadi proses pergeseran instrumentasi dan karakteristik musik dangdut era digital di Jawa Timur.

References

Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish. Anam, C. (2018). PERAN MUSIKAL SENGGAKAN DALAM DANGDUT KOPLO Studi Kasus: Komunitas Joget Cah Jingkrak Bulova Di Surakarta (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

Arum, Rifda. Perkembangan dan Sejarah Dangdut di Indonesia disertai Penyanyinya, https://www.gramedia.com/literasi/sejarahdangdut-indonesia/, (diakses 20 Januari 2023).

Budi Suseno, Dharmo. 2005. Dangdut Musik Rakyat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Fitriyadi, I., & Alam, G. (2020). Globalisasi Budaya Populer Indonesia (Musik Dangdut) di Kawasan Asia Tenggara. Padjadjaran Journal of International Relations, 1(3).

Frederick, W. H. (1982). Rhoma Irama and the dangdut style: Aspects of contemporary Indonesian popular culture. Indonesia, (34).

Luaylik, F., & Khusyairi, J. A. (2012). Perkembangan Musik Dangdut Indonesia 1960an-1990an. jurnal Verleden, 1(1).

Mangunsuwito, S.A. 2002. Kamus Bahasa Jawa. Bandung: CV Yrama Widha.

Naim, A. B., & Sugito, B. (2019). IRINGAN KESENIAN TAYUB DI DESA SUMBERGEDE KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO.

Patton, Michael Quinn. 1987. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications.

Rahma, F. A. (2018). Pergeseran makna: Analisis peyorasi dan ameliorasi dalam konteks kalimat. Hasta Wiyata, 1(2). 96

Rahman, F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kontrak (Studi Pada FISIP ULM Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(1).

Setiaji, D. (2021). PENGARUH IDIOM MUSIK LOKAL DALAM MEMBENTUK DIMENSI INTERKULTURAL PADA PERMAINAN GENDANG DANGDUT KOPLO. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1).

Simatupang, L. L. (1996). Dangdut is very… very… Indonesia: The Search of Cultural Nationalism in Indonesian Modern Popular Music. dalam Bulletin Antropologi Th. XI/1996 Perpusta@ aan Jurusan Antropologi UGM Yogya@ arta.

Sobur, Alex. 2013. Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, M. P. K. (2013). Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharto, S. (2017). Model Kemasan Bentuk Penyajian Musik Dangdut Klasik Pada Grup Musik Rhomantika, Mijen, Semarang. Jurnal Seni Musik, 6(2).

Sumaryanto, Totok. 2002. Paparan Perkuliahan Mahasiswa Penelitian Pengajaran. Semarang: Sendratasik Unnes.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1).

SUSANTI, F. D. (2019). PERKEMBANGAN MUSIK DANGDUT KOPLO JAWA TIMUR TAHUN 2003–2017. Avatara, 7(1).

Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3).

Waruwu, M. S. M. (2021). Hendri-hendri Dalam Upacara Adat Pernikahan Suku Nias di Kecamatan Gido Kabupaten Nias (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). 97

Weintraub, A. N. (2010). Dangdut stories: a social and musical history of Indonesia's most popular music. Oxford University Press.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 435 , PDF Downloads: 479