KAJIAN TEKNIK DAN INTERPRETASI PADA PERMAINAN BIOLA CONCERTINO IN G MAJOR OP.24 1ST MOVEMENT KARYA OSKAR RIEDING

Authors

  • Daniel Naomi Sunarto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Teknik, Interpretasi, Concertino In G Major Op.24 1st Movement, Oskar Rieding

Abstract

Pada penelitian saat ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dan interpretasi pada lagu  Concertino In G Major Op.24 1st Movement karya Oskar Rieding. Keunikan dari lagu tersebut dikarenakan seringnya perpindahan posisi dilakukan. Serta adanya penambahan gaya yang menjadi ciri khas pada era romantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Untuk objek penelitiannya yaitu pada lagu Concertino In G Major Op.24 1st Movement karya Oskar Rieding. Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi maupun wawancara. Teknik analsis data melalui beberapa tahapan, diantaranya reduksi data, penyajian data, penyimpulan data. Data yang digunakan telah direduksi, disajikan serta telah ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian ini menunjukkan lagu ini menggunakan beberapa teknik diantaranya seperti legato, accent, tenuto, staccato, dan lain sebagainya. Untuk posisi penjarian menggunakan posisi 1,3 dan posisi 5. Serta dalam repertoar ini tentunya terdapat interpretasi, bagaimana lagu ini dapat diaklukkan, dan terdapat sebuah ciri khas gaya yaitu berupa dolce.

References

Abdel-Fattah, E. 2020. “The Role of the Piano in a Concerto, Violin and Piano, Work 35 by Oscar Rieding Oskar.” Journal of Music Arts and Sciences 43 (2): 367–87. https://doi.org/10.21608/jfma.2020.31647.1047.

Auer, Leopold. 1980. Violin Playing as I Teach It. Courier Corporation.

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Cichilova, Margareta. 2019. “Concertos e Concertinos de Oskar Rieding, Como Ferramenta de Ensino Na Aprendizagem Do Violino.”

Courvoisier, Karl, and Joseph Joachim. 2006. The Technique of Violin Playing: The Joachim Method. Courier Corporation.

Kodijat, Latifah. 2004. Istilah-Istilah Musik. Djambatan.

Moleong, Lexy. 2001. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.” Remaja Rosdakarya.

Sinaga, Evpan H. 2017. “Teknik Permainan Trombone Pada Concertino For Trombone Op. 4 Karya Ferdinand David.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: ALFABETA, CV.

Sukohardi, Al. 2017. “Teori Musik Umum.” Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Downloads

Published

2023-06-14

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 69