PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK UNTUK MENGATASI KEJENUHAN KERJA PETUGAS KEMENHUB DI TERMINAL PURABAYA

Authors

  • Kenno Richie Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pengaruh musik, kejenuhan kerja, petugas kemenhub, terminal purabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana musik dapat mempengaruhi petugas Kemenhub di Terminal Purabaya dalam mengatasi kejenuhan kerja. Fenomena ini penting untuk diteliti karena pengaruh musik dalam kehidupan sehari-hari telah diketahui dapat mengatasi kejenuhan kerja. Dalam konteks lingkungan kerja perhubungan, kejenuhan kerja dapat mengganggu kinerja petugas perhubungan dan dapat berdampak pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan jasa perhubungan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah mendengarkan musik dapat membantu petugas Kemenhub mengatasi kejenuhan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel sampling insidental.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh 43 responden, penelitian didapatkan bahwa respon petugas terhadap variabel X (Musik) memiliki skor rata-rata 3,73, sedangkan variabel Y (Mengatasi Kejenuhan Kerja) memiliki skor rata-rata 4,16, keduanya termasuk dalam kategori kisaran skor Tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik memiliki dampak yang tinggi dalam mengatasi kejenuhan kerja sehingga memungkinkan untuk petugas dalam mengatasi kejenuhan kerja.

References

Djohan. (2016). Psikologi musik. Indonesia Cerdas.

Ganda Saputra, M. B. (2020). Pengaruh Mendengarkan Musik Bagi Kenyamanan Pengendara Mobil Angkutan Umum di Gresik. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1). https://doi.org/10.26740/vt.v2n1.p47-55

Ghozali, I. (2013). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The eustress concept: problems and outlooks. World Journal of Medical Sciences, 11(2), 179–185.

Priyatno, D. (2010). Teknik mudah dan cepat melakukan analisis data penelitian dengan SPSS dan tanya jawab ujian pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media, 1.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. 335.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan.(cetakan ke-22). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sulistyaningsih, H. (2011). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Graha Ilmu.

Testamentyas, H., Saputra, M. B. G., & Aji, I. W. D. (2018). Pengaruh Psikologis Mendengarkan Musik Bagi Pengendara Mobil Di Surabaya. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 1490–1497.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 354 , PDF Downloads: 170