ANALISIS STRUKTUR DAN ELEMEN MUSIK EPIC DALAM SOUNDTRACK “WING OF GORYEO” KARYA KIM JI-SOO
Main Article Content
Abstract
Soundtrack memegang peran vital dalam penggambaran emosi dan suasana dalam dunia imajiner sebuah film, terlebih pada genre historical romance-fantasy yang erat dengan konflik-konflik dalam kerajaan berupa perselisihan politik, perebutan tahta, penyerangan, peperangan, hingga asmara. Wing of Goryeo dipilih sebagai objek penelitian karena kesesuaiannya dengan genre cerita, penataan musik yang mengandung elemen-elemen musik epic, dan didukung oleh pesatnya globalisasi budaya Korea, tanpa terkecuali industri serial drama Korea. Artikel ini menguraikan struktur dan teknik pengolahan komposisi dengan mendeskripsikan elemen musik epic yang diteliti melalui pendekatan kualitatif.Penelitian menggunakan teori musik epic dari Xavier Derrick Werlé yang menyatakan bahwa penciptaan nuansa pertarungan, semangat, dan kesan hebat dalam musik epic menggunakan tonalitas minor ditambah instrumentasi yang identik dengan peperangan, serta membangun dinamika menggunakan poliritme, sudden silence, big crescendo, dan sekuen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Benward, B., Saker, M. (2003). Music: In Theory and Practice, Vol. I. New York: McGraw-Hill.
Brownrigg, M. (2003). Film Music and Film Genre. Stirling: University of Stirling.
Hartati, D. S. (2012). Penerapan Dinamika Alamiah pada Lagu-Lagu yang Tidak Bertanda Dinamika. Selonding: Jurnal Etnomusikologi, 1 (1), 21-36
Horlyck, C. (2008). Confucian Burial Practices in the Late Goryeo and Early Joseon Periods. The Review of Korean Studies. 11 (2), 33-58.
Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
Jarret, S., & Day, H. (2008). Music Compositions for Dummies. Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhiddin, S. (2021). Pengaruh Musik Latar Film Terhadap Emosi dan Penilaian Moral. Proyeksi, 16 (1), 25-40.
Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, 16 (2), 107-122.
Park, S. H. (2020). Coexistence of Classical Music and Gugak in Korean Culture. International Journal of Korean Humanities and Social Sciences, 5. 67-99
Perischetti, V. (1961). Harmony: Creative Aspects and Practice. New York: W.W. Norton & Company.
Phetorant, D. (2020). Peran Musik dalam Film Score. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 3 (1), 91-102.
Prier, K. E. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Stein, L. (1979) Structure and Style, Princetown, New Jersey: Summy Bichard Music.
Subana. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Turnbull, S. (2012). War in Japan 1467-1615. Oxford: Osprey Publishing.