Teknik Aransemen Lagu “Dealova” Ciptaan Opick oleh Rosette Guitar Quartet

Authors

  • Abdurrohman Nafis UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Rosette Guitar Quartet, teknik aransemen, quartet guitar, dealova

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik aransemen Rosette Guitar Quartet pada lagu “Dealova” dalam format quartet guitar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data dan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  teknik aransemen yang digunakan oleh Rosette Guitar Quartet dalam lagu Dealova menggunakan 5 teknik aransemen yaitu variasi melodi, ornamen, filler, counter melody dan ritmik. Variasi melodi dengan teknik tremolo, glissando, dan Upper Mordent. Teknik Ornamen yang digunakan yaitu arpeggio, kemudian  filler terdapat pada birama ke 133-135. Countermelody terfokus pada permainan harmoni.  Teknik aransemen unsur ritmik yang digunakan sama dengan lagu aslinya. Secara keseluruhan teknik aransemen tersebut menunjang interpretasi dan originalitas lagu aslinya walaupun disajikan dengan format yang berbeda. Rosette Guitar Quartet menerapkan teknik aransemen dengan gaya permainan gitar klasik yang kemudian diaplikasikan untuk menghasilkan karya yang memiliki karakteristik tersendiri dalam format quartet guitar.

References

Ammer, Christine, Harper’s Dictionary of Music, Barnes and Noble Books a Division of Harper an Row, New York, Hager Stown, San Fransisco, London, 1972.

Banoe, P. (2003). Pengantar pengetahuan harmoni. Kanisius.

Cahyoraharjo, M. (2015). DASAR-DASAR PENGGARAPAN ARANSEMEN MUSIK UNTUK JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH UMUM.

Firmansyah, F. (2016). Proses Aransemen Lagu dalam Bentuk Musik Tema dan Variasi. Jurnal Sitakara, 1(1).

Kawakami, Genichi. (1975). Arranging Popular Music: A Practical Guide. Tokyo: Yamaha Music Foundation.

Malm, William P. 1996. Music Cultures of the Pacific, The Near East, and Asia Third Edition. London: Oxford University Press

Miles, M. B., Huberman, M., dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis-Third Edition. London, Sage Publication Ltd.

Miller, M. Hugh, tanpa tahun, Pengantar Apresiasi Musik, diterjemahkan oleh Triyono Bramantyo PS. dari Introduction to Music : A Guide to Good Listening, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Pratama, Z. D. (2021). TEKNIK PENYAJIAN LAGU “SEMPURNA” CIPTAAN ANDRA AND THE BACKBONE OLEH ROSETTE GUITAR QUARTET DALAM PLATFORM YOUTUBE. Repertoar Jurnal, 7(01)

Prier, Edmund-Karl. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Scholes, Percy A., Arangement or Transcription, The Oxford Companion to Music Tenth Edition, London : Oxford University Press, Tanpa Tahun.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yurizcha, A. (2019). Pesan Dakwah lagu" Dealova" Opick dalam Album Salam Ya Rasulullah: Analisis Wacana (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel).

Downloads

Published

2023-07-24
Abstract views: 265 , PDF Downloads: 86