LAGU KENANGAN MALAM KARYA MUSAFIR ISFANHARI DALAM TINJAUAN BENTUK DAN MAKNA LAGU

Authors

  • Charles Ching Rumpuin Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Lagu Seriosa, Bentuk Lagu, Makna Lagu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menjabarkan bentuk dan makna lagu pada karya Musafir Isfanhari yaitu lagu Kenangan Malam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan difokuskan kepada mendeskripsikan bentuk lagu yang diolah dengan teori Ilmu Bentuk Musik yang dikemukakan oleh Karl-Edmund Prier SJ dan Makna Lagu dengan teknik hermeneutika Gadamer. Data yang dianalisis adalah lagu “Kenangan Malam” yang diterjemahkan oleh peneliti kedalam aplikasi Sibelius menjadi sebuah partitur yang menggunakan penulisan notasi balok. Tindakan analisis pada penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lagu “Kenangan Malam” merupakan karya pertama yang diciptakan dalam perjalanan musik Musafir Isfanhari. Lagu Kenangan Malam memiliki bentuk lagu tiga bagian yang mempunyai struktur A A’ B A’, kalimat pertama diulang dengan variasi sesudah kalimat pertama maupun kalimat kedua. Lagu Kenangan Malam juga merupakan lagu seriosa dengan makna yang terkandung yaitu, cita-cita dan harapan bahagia seorang kekasih atas kisah cinta dengan belahan jiwanya.

References

Djelantik, A. A. M. “Pengantar Ilmu Estetika: Estetika Instrumental.” Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, Denpasar (1990).

Kautzar, A. (2017). Karakteristik Musik Melayu: Studi Kasus Lagu Melati Karangan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18 (2), 88-94.

Meyer, G. A. (2019). Bentuk Lagu Dan Aransemen Paduan Suara Mars Jawa Timur. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2 (2), 56-62.

Milles, Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

M Miller, Hugh (2017). Apresiasi Musik. Thafa Media.

Novandhi, N. K, Yanuartuti S. (2020). Bentuk Musik Dan Makna Lagu Garuda Pancasila. Jurnal Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 22 (2), 113-123.

Nurroza, A. A. (2021). Analisis Bentuk Lagu “Madiun Kampung Pesilat Indonesia” Ciptaan Hari Subagiyo. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 4 (2), 135-147.

Prier SJ, K. E. (2014). Kamus Musik. Pusat Musik Liturgi.

Prier SJ, K. E. (2020). Ilmu Bentuk Musik. Pusat Musik Liturgi.

Raharja, A. W. (2020). Analisis Bentuk Musik Dan Teknik Permainan Cello Pada Sonatine For Cello & Piano Karya Budhi Ngurah. Jurnal Repertoar, 1 (1), 94-113.

Tjaroko, Sigro W, Bramantyo T. (2007). Sejarah Perkembangan Lagu Seriosa Indonesia. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/34036

Tyas, E. E. A. (2008). Cerdas Emosional Dengan Musik. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Wicaksono, A. (2021). Bentuk Lagu Dan Makna Syair Lagu Umbul-Umbul Blambangan Karya Andang Chatib Suyuf.

Downloads

Published

2023-02-22

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 267 , PDF Downloads: 202