KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK ROSA MYSTICA CHOIR DALAM TINJAUAN KOGNITIF
Keywords:
Keterampilan Membaca Notasi Balok, Kognitif, Rosa Mystica Choir.Abstract
Keterampilan membaca notasi balok merupakan salah satu komponen penting yang
berpengaruh terhadap perkembangan Rosa Mystica Choir. Fenomena terkait keterampilan membaca
notasi balok anggota Rosa Mystica Choir dipaparkan secara kualitatif deskriptif, sehingga dapat
dideskripsikan pola perlatihan yang membentuk keterampilan membaca notasi balok Rosa Mystica
Choir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keterampilan Rosa Mystica Choir dalam membaca
dan menerapkan notasi balok secara tepat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
kognitif Piaget, yang terdiri dari tahap asimilasi, tahap akomodasi, dan tahap equilibrasi. Melalui
pendekatan kognitif Piaget (tahap asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi), maka proses latihan anggota
Rosa Mystica Choir terlaksana secara terstruktur; di mana setiap materi yang dilatihkan bersifat untuk
mengasah keterampilan membaca notasi balok dan bernyanyi para anggota. Selain itu, peran dirigen atau
pelatih juga vital, oleh karena dirigen atau pelatih lah yang mendampingi dan memantau perkembangan
dari setiap anggota. Dengan demikian, sintaks pelatihan dan pendampingan dirigen atau pelatih inilah
yang menjadi kunci keberhasilan Rosa Mystica Choir, tidak hanya dalam hal pengembangan
keterampilan anggota, juga dalam hal meraih prestasi dalam kompetisi kancah nasional dan internasional
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Notasi Balok, Kognitif, Rosa Mystica Choir.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anggoro, R. R. M. K. M. (2021).
Optimalisasi Kompetensi
Primavista Mahasiswa Instrumen
Pokok Piano Melalui Metode
Drill. Virtuoso: Jurnal Pengkajian
dan Penciptaan Musik, 4(1), 70-
Almanda, H. H. (2020). Interpretasi Lagu
“Segalariak” Karya Josu Elberdin
Oleh Yosafat Rannu Lepong
Dalam Tinjauan Conducting. Jurnal Repertoar, 1 (1).
Destiannisa, A. (2012). Implementasi
Metode Pendekatan Kognitif
Dalam Pembelajaran Paduan
Suara. Harmonia: Journal of Arts
Research and Education, 12(2).
Febiolla, E. (2021). Implementasi Media
Pembelajaran MuseScore untuk
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Notasi Balok Siswa
Kelas VII di SMP Strada Santa
Anna (Doctoral dissertation,
Universitas Pelita Harapan).
John, Philips L. 1969. The origins of
intellect Piaget’s theory. United
States of America: Library of
Congress.
Kasra, E. B. (2013). Musikalitas dan
Bentuk Pertunjukan Musik
Bambu Sorume Kolaka (Doctoral
dissertation, Institut Seni
Indonesia / ISI Surakarta).
Kurniawan, Eko. 2011. 100% Pasti Jago
Bermain Keyboard. Yogyakarta:
Buku Biru.
Luthfiyyani, S., & Daryana, H. A.
(2020). Penggunaan Rekorder
Dalam Upaya Memperoleh
Kemampuan Membaca Notasi
Balok Dalam Pembelajaran Musik
Di SMP Negeri 2 Bojongsoang.
Sulfi Luthfiyyani:
(Doctoral
Dissertation, Seni Musik).
Mappiare. A.T. (2006). Kamus Istilah
Konseling dan Terapi. Jakarta :
PT Raja Grafindo Persada.
Maressa, T. C., Toruan, J. L., & Yuliasma,
Y. (2013). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Membaca Notasi
Balok Menggunakan Alat Musik
Di SMPN 4 Pariaman. Jurnal
Sendratasik, 2(1), 38-46.
Nurhadi. 2018. Teori Belajar dan
Pembelajaran Kognitivistik.
Program Magister Pasca Sarjana
(Pps) Prodi Pendidikan Agama
Islam Universitas Islam Negeri
Sutan Syarif Kasim Riau
Pekanbaru.
Silitonga, P. H. (2004). Hubungan
Penguasaan Teori Musik Dan
Kemampuan Membaca Notasi
Balok Dengan Kemampuan
Bermain Piano Mahasiswa
Program Studi Seni Musik
FBS (Doctoral Dissertation,
UNIMED).
Simanungkalit, Nortir. 2008. Teknik
Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal
Paduan Suara. Gramedia Pustaka
Utama.
Siswanto, S., & Firmansyah, F. (2021).
Pemahaman metrik dalam
membaca notasi balok. Besaung:
Jurnal Seni Desain dan
Budaya, 3(3).
Strinariswari, R. L., Susetyo, B., &
Raharjo, E. (2015). Strategi
Pembelajaran Ekstrakurikuler
Paduan Suara DI Smp Negeri 2
Jepara. Jurnal Seni Musik, 4(1).
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, NS. 2006. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung:
Rosdakarya.
Suharto. 2008. “Membina Paduan Suara di
Perguruan Tinggi” Makalah
pelatihan One Day Training di
Fakultas Psikologi Universitas
Diponegoro Semarang Tanggal 12
Nopember 2008.
Syamsina, R. N. (2016). Meningkatkan
Kemampuan Membaca Notasi
Balok Siswa Les Keyboard Privat
melalui Media
Flashcard (Doctoral dissertation,
Universitas Pendidikan
Indonesia).
Tinarawati, S. (2017). Penerapan Fungsi
Manajemen Pada Komunitas
Paduan Suara Surabaya Singer
Dalam Rangka Kompetisi
Singapore International Choir
Festival 2017. Jurnal Pendidikan
Sendratasik, 5(1).
Winfred F. Hill. 2010. Theories of
Learning, Bandung: Penerbit
Nusa Media. (Terjemah: Winfred
F. Hill. Learning; A Surey of
Psuchological Interpretation,
Harper Ccollins Pubvllishers.
Yaumi, M., (2012), Pembelajaran
Berbasis MultiplIntelligences,
Dian Rakyat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Repertoar Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.