KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK ROSA MYSTICA CHOIR DALAM TINJAUAN KOGNITIF

Authors

  • Aulia Ayu Maharani UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Keterampilan Membaca Notasi Balok, Kognitif, Rosa Mystica Choir.

Abstract

Keterampilan membaca notasi balok merupakan salah satu komponen penting yang
berpengaruh terhadap perkembangan Rosa Mystica Choir. Fenomena terkait keterampilan membaca
notasi balok anggota Rosa Mystica Choir dipaparkan secara kualitatif deskriptif, sehingga dapat
dideskripsikan pola perlatihan yang membentuk keterampilan membaca notasi balok Rosa Mystica
Choir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keterampilan Rosa Mystica Choir dalam membaca
dan menerapkan notasi balok secara tepat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
kognitif Piaget, yang terdiri dari tahap asimilasi, tahap akomodasi, dan tahap equilibrasi. Melalui
pendekatan kognitif Piaget (tahap asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi), maka proses latihan anggota
Rosa Mystica Choir terlaksana secara terstruktur; di mana setiap materi yang dilatihkan bersifat untuk
mengasah keterampilan membaca notasi balok dan bernyanyi para anggota. Selain itu, peran dirigen atau
pelatih juga vital, oleh karena dirigen atau pelatih lah yang mendampingi dan memantau perkembangan
dari setiap anggota. Dengan demikian, sintaks pelatihan dan pendampingan dirigen atau pelatih inilah
yang menjadi kunci keberhasilan Rosa Mystica Choir, tidak hanya dalam hal pengembangan
keterampilan anggota, juga dalam hal meraih prestasi dalam kompetisi kancah nasional dan internasional


Kata Kunci : Keterampilan Membaca Notasi Balok, Kognitif, Rosa Mystica Choir.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, R. R. M. K. M. (2021).

Optimalisasi Kompetensi

Primavista Mahasiswa Instrumen

Pokok Piano Melalui Metode

Drill. Virtuoso: Jurnal Pengkajian

dan Penciptaan Musik, 4(1), 70-

Almanda, H. H. (2020). Interpretasi Lagu

“Segalariak” Karya Josu Elberdin

Oleh Yosafat Rannu Lepong

Dalam Tinjauan Conducting. Jurnal Repertoar, 1 (1).

Destiannisa, A. (2012). Implementasi

Metode Pendekatan Kognitif

Dalam Pembelajaran Paduan

Suara. Harmonia: Journal of Arts

Research and Education, 12(2).

Febiolla, E. (2021). Implementasi Media

Pembelajaran MuseScore untuk

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Notasi Balok Siswa

Kelas VII di SMP Strada Santa

Anna (Doctoral dissertation,

Universitas Pelita Harapan).

John, Philips L. 1969. The origins of

intellect Piaget’s theory. United

States of America: Library of

Congress.

Kasra, E. B. (2013). Musikalitas dan

Bentuk Pertunjukan Musik

Bambu Sorume Kolaka (Doctoral

dissertation, Institut Seni

Indonesia / ISI Surakarta).

Kurniawan, Eko. 2011. 100% Pasti Jago

Bermain Keyboard. Yogyakarta:

Buku Biru.

Luthfiyyani, S., & Daryana, H. A.

(2020). Penggunaan Rekorder

Dalam Upaya Memperoleh

Kemampuan Membaca Notasi

Balok Dalam Pembelajaran Musik

Di SMP Negeri 2 Bojongsoang.

Sulfi Luthfiyyani:

(Doctoral

Dissertation, Seni Musik).

Mappiare. A.T. (2006). Kamus Istilah

Konseling dan Terapi. Jakarta :

PT Raja Grafindo Persada.

Maressa, T. C., Toruan, J. L., & Yuliasma,

Y. (2013). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Membaca Notasi

Balok Menggunakan Alat Musik

Di SMPN 4 Pariaman. Jurnal

Sendratasik, 2(1), 38-46.

Nurhadi. 2018. Teori Belajar dan

Pembelajaran Kognitivistik.

Program Magister Pasca Sarjana

(Pps) Prodi Pendidikan Agama

Islam Universitas Islam Negeri

Sutan Syarif Kasim Riau

Pekanbaru.

Silitonga, P. H. (2004). Hubungan

Penguasaan Teori Musik Dan

Kemampuan Membaca Notasi

Balok Dengan Kemampuan

Bermain Piano Mahasiswa

Program Studi Seni Musik

FBS (Doctoral Dissertation,

UNIMED).

Simanungkalit, Nortir. 2008. Teknik

Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal

Paduan Suara. Gramedia Pustaka

Utama.

Siswanto, S., & Firmansyah, F. (2021).

Pemahaman metrik dalam

membaca notasi balok. Besaung:

Jurnal Seni Desain dan

Budaya, 3(3).

Strinariswari, R. L., Susetyo, B., &

Raharjo, E. (2015). Strategi

Pembelajaran Ekstrakurikuler

Paduan Suara DI Smp Negeri 2

Jepara. Jurnal Seni Musik, 4(1).

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, NS. 2006. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung:

Rosdakarya.

Suharto. 2008. “Membina Paduan Suara di

Perguruan Tinggi” Makalah

pelatihan One Day Training di

Fakultas Psikologi Universitas

Diponegoro Semarang Tanggal 12

Nopember 2008.

Syamsina, R. N. (2016). Meningkatkan

Kemampuan Membaca Notasi

Balok Siswa Les Keyboard Privat

melalui Media

Flashcard (Doctoral dissertation,

Universitas Pendidikan

Indonesia).

Tinarawati, S. (2017). Penerapan Fungsi

Manajemen Pada Komunitas

Paduan Suara Surabaya Singer

Dalam Rangka Kompetisi

Singapore International Choir

Festival 2017. Jurnal Pendidikan

Sendratasik, 5(1).

Winfred F. Hill. 2010. Theories of

Learning, Bandung: Penerbit

Nusa Media. (Terjemah: Winfred

F. Hill. Learning; A Surey of

Psuchological Interpretation,

Harper Ccollins Pubvllishers.

Yaumi, M., (2012), Pembelajaran

Berbasis MultiplIntelligences,

Dian Rakyat

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 100 , PDF Downloads: 154