Bentuk dan Karakteristik Paduan Suara Anak Bethesda Children Choir di Sidoarjo

Authors

  • Oryesi Terilowra Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

bentuk, karakteristik, paduan suara anak

Abstract

Bernyanyi adalah kegiatan mengeluarkan nada–nada dan kata–kata yang mengandung nilai estetika, dengan ekspresi natural yang artistik. Paduan suara juga merupakan salah satu bentuk kelompok dalam bernyanyi. Paduan suara merupakan gabungan dari beberapa kombinasi suara yaitu sopran, alto, tenor, bass dan tidak menutup kemungkinan untuk pembagian suara lain. Paduan suara anak adalah kelompok atau grup bernyanyi yang berusia 6-12 tahun. Bentuk dan karakteristik paduan suara anak Bethesda Childern Choir GPIB Bethesda Sidoarjo memiliki suara jernih, mudah diarahkan, mudah memahami, memiliki bentuk suara SMA (Sopran, Mezzo Sopran, Alto), bisa menyesuaikan suara dengan anggota lainnya, dan berkomitmen atau semangat dalam berlatih paduan suara. Dengan kata lain, dalam usia tersebut pertembuhan anak sangat mempengaruhi secara psikis, mental, mudah memahami, mudah belajar, emosional, dan pembentukan karakter.

Kata Kunci : Bentuk, Karakteristik, Paduan Suara Anak.

 

References

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Adella, L. PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PADUAN SUARA DI SD SANTO ANTONIUS I DAN IIMEDAN. Grenek Music Journal, 7(2), 206-212.

DUMONDOR, L. M. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MUSIK GEREJA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KRISTIANI PADA KELOMPOK PADUAN SUARA NINE’S VOICE SMA N 9 MANADO (Doctoral dissertation).

Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler disekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57.

Lutfiyanti, K. C. (2017). Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Kelas 5 Di SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Panjaitan, J. Y. METODE PENGAJARAN PADUAN SUARA KELOMPOK ANAK SEKOLAH MINGGU UMUR 6-12 TAHUN DI GEREJA GPIB PAULUS BINJAI. Grenek Music Journal, 1(3).

Ruth Melody Misbow, S. (2017). EKSISTENSI PADUAN SUARA INGGOU VICTORY CHILDREN VOICE GKPS DI PEMATANGSIANTAR (Doctoral dissertation, UNIMED).

Setiyawati, L. A. (2017). PENGELOLAAN MANAJEMEN PADUAN SUARA VOCALISTA ANGELS DI KLATEN. Pend. Seni Musik-S1, 6(8), 628-637.

Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1-15.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara onlinedi:http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [di

Downloads

Published

2022-10-23

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 820 , PDF Downloads: 790