STRATEGI PADUAN SUARA GITA PRAMAWISESA DALAM MENGIKUTI THE 10TH BALI INTERNATIONAL CHOIR FESTIVAL
Main Article Content
Abstract
Gita Pramawisesa merupakan salah satu kelompok Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang memiliki banyak prestasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi persiapan Paduan Suara Mahasiswa Gita Pramawisesa dalam mengikuti kompetisi Bali International Choir Festival pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengikuti kompetisi The 10th Bali International Choir Festival, maka Strategi Paduan Suara Gita Pramawisesa meliputi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Berdasarkan strategi tersebut, Paduan Suara Gita Pramawisesa melaksanakan rangkaian kegiatan dalam perencanaan strategi. Namun selama pelaksanaan Paduan Suara Gita Pramawisesa membuat kegiatan tambahan agar mencapai tujuan yang lebih baik. Evaluasi dilakukan dengan mencari solusi atas kendala yang terjadi. Kemudian solusi tersebut dapat dilakukan kembali sewaktu-waktu jika kendala yang sama terjadi.
Kata Kunci: Mahasiswa, Strategi Persiapan, Kompetisi
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Akhsin, A. (2013). Pembelajaran Paduan
Suara pada siswa SD Negeri 1 Sukodadi
Lamongan dengan Metode Mendengarkan.
Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 88-97.
Basani, L., Adalah Dosen, S., Sendratasik, J.,
Bahasa, F., Sastra, D., & Sihombing, L. B.
(n.d.). METODE BERNYANYI KATEGORI
LAGU FOLKLORE/ETNIK DALAM
PADUAN SUARA.
Damara, I., Milyartini, R., & Yuliandani, Y.
(2021). Strategi Pelatihan Paduan Suara
Mahasiswa Universitas Padjadjaran Di Masa
Pandemi Covid-19. SWARA-Jurnal Antologi
Pendidikan Musik, 1(3), 16-26.
Fred R. David.Strategic Management:
Concepts & Cases,13th Edition. (New
Jersey:Practice Hall, 2011). ha. 3
Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edu Tainment.
Yogyakarta: DIVA Press.
Harikusuma, S. A., & Sianturi, E. (2020).
Manajemen Strategi Paduan Suara Di Sma
Kristen Eben Haezar Manado. Clef : Jurnal
https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.134
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui
Pengalaman Musik. Jakarta : Dirjen Dikti
Depdikbud
Kurniawan, C., & Suharto, S. (2019). Peran
Pelatih Dalam Membangun Pelatihan Paduan
Suara Yang Menyenangkan Di Paduan Suara
Voice of Conservation (Voc) Universitas
Negeri Semarang. Jurnal Seni Musik, 8(1),
https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.29207
Maya Hernandhes, C., & Juwariyah, A.
(2018). Metode Latihan Paduan Suara Golden
Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal
Pendidikan Sendratasik, 6(1), 4, 8.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permatasari, M. I. (2016). Pembelajaran
Ekstrakurikuler Paduan Suara Sixer Voice
Choir di SMA Negeri 6 Surabaya. Jurnal
Sigalingging, D. H. (2021). Strategi Persiapan
Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa Vocalista
Harmonic Choir Institut Seni Indonesia
http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7961
Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal
Paduan Suara. Jakarta: Gramedia
Strinariswari, R. L., & Susettyo, B. (2015).
Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan
Suara Di SMP Negeri 2 Jepara. Jurnal Seni
Musik. Jurnal Seni Musik, 4(1).
https://doi.org/10.15294/jsm.v4i1.9297
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Syafiq, Muhammad.2003. Ensiklopedia Musik
Klasik. Yogyakarta : Adicita Karya Nuasa.