STRATEGI PADUAN SUARA GITA PRAMAWISESA DALAM MENGIKUTI THE 10TH BALI INTERNATIONAL CHOIR FESTIVAL

Authors

  • Sharon Jessica Malona UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Paduan Suara, Mahasiswa, Strategi persiapan, Kompetisi

Abstract

Gita Pramawisesa merupakan salah satu kelompok Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang memiliki banyak prestasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi persiapan Paduan Suara Mahasiswa  Gita Pramawisesa  dalam mengikuti kompetisi Bali International Choir Festival pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengikuti kompetisi The 10th Bali International Choir Festival, maka Strategi Paduan Suara Gita Pramawisesa meliputi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Berdasarkan strategi tersebut, Paduan Suara Gita Pramawisesa melaksanakan rangkaian kegiatan dalam perencanaan strategi. Namun selama pelaksanaan  Paduan Suara Gita Pramawisesa membuat kegiatan tambahan agar mencapai tujuan yang lebih baik. Evaluasi dilakukan dengan mencari solusi atas kendala yang terjadi. Kemudian solusi tersebut dapat dilakukan kembali sewaktu-waktu jika kendala yang sama terjadi.

Kata Kunci: Mahasiswa, Strategi Persiapan, Kompetisi

References

Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Akhsin, A. (2013). Pembelajaran Paduan

Suara pada siswa SD Negeri 1 Sukodadi

Lamongan dengan Metode Mendengarkan.

Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 88-97.

Basani, L., Adalah Dosen, S., Sendratasik, J.,

Bahasa, F., Sastra, D., & Sihombing, L. B.

(n.d.). METODE BERNYANYI KATEGORI

LAGU FOLKLORE/ETNIK DALAM

PADUAN SUARA.

Damara, I., Milyartini, R., & Yuliandani, Y.

(2021). Strategi Pelatihan Paduan Suara

Mahasiswa Universitas Padjadjaran Di Masa

Pandemi Covid-19. SWARA-Jurnal Antologi

Pendidikan Musik, 1(3), 16-26.

Fred R. David.Strategic Management:

Concepts & Cases,13th Edition. (New

Jersey:Practice Hall, 2011). ha. 3

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edu Tainment.

Yogyakarta: DIVA Press.

Harikusuma, S. A., & Sianturi, E. (2020).

Manajemen Strategi Paduan Suara Di Sma

Kristen Eben Haezar Manado. Clef : Jurnal

Musik Dan Pendidikan Musik, I(1), 50–62.

https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.134

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui

Pengalaman Musik. Jakarta : Dirjen Dikti

Depdikbud

Kurniawan, C., & Suharto, S. (2019). Peran

Pelatih Dalam Membangun Pelatihan Paduan

Suara Yang Menyenangkan Di Paduan Suara

Voice of Conservation (Voc) Universitas

Negeri Semarang. Jurnal Seni Musik, 8(1),

–21.

https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.29207

Maya Hernandhes, C., & Juwariyah, A.

(2018). Metode Latihan Paduan Suara Golden

Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal

Pendidikan Sendratasik, 6(1), 4, 8.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permatasari, M. I. (2016). Pembelajaran

Ekstrakurikuler Paduan Suara Sixer Voice

Choir di SMA Negeri 6 Surabaya. Jurnal

Pendidikan, 5(2), 1–19.

Sigalingging, D. H. (2021). Strategi Persiapan

Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa Vocalista

Harmonic Choir Institut Seni Indonesia

Yogyakarta. Artikel Jurnal Tugas AKhir, 1–13.

http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7961

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal

Paduan Suara. Jakarta: Gramedia

Strinariswari, R. L., & Susettyo, B. (2015).

Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan

Suara Di SMP Negeri 2 Jepara. Jurnal Seni

Musik. Jurnal Seni Musik, 4(1).

https://doi.org/10.15294/jsm.v4i1.9297

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT

Alfabet.

Syafiq, Muhammad.2003. Ensiklopedia Musik

Klasik. Yogyakarta : Adicita Karya Nuasa.

Downloads

Published

2022-11-24

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 160 , PDF Downloads: 254