ANALISIS BENTUK VARIASI MUSIK JARANAN KOPLO PEGON GRUP OM ARTTEGAS DRIYOREJO
Keywords:
Dangdut, Variasi Jaranan Koplo Pegon, Orkes Melayu ArttegasAbstract
Penelitian dengan judul “Analisis Bentuk Variasi Musik Jaranan Koplo Pegon Grup OM Arttegas Driyorejo” bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk variasi Jaranan Koplo Pegon yang dibawakan OM Arttegas dari Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang digunakan untuk mencari data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber. Lokasi penelitian berada di basecamp OM Arttegas di Desa Banjaran, Kec. Driyorejo, Kab. Gresik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan, studi pustaka. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (conclusion). Hasil temuan dari penelitian ini, Jandhut OM Sagita identik dengan kesenian jaranan karena setiap penampilannya menggunakan selompret, tetapi variasi Jaranan Koplo Pegon tidak terlalu mirip dengan kesenian jaranan. Jaranan Koplo Pegon merupakan subvariasi Jandhut OM Sagita.
Kata kunci: Dangdut, Variasi Jaranan Koplo Pegon, OM Arttegas
References
Herlangga, S. A., Putra, B. A., & Setyoko, A. (2021). Proses Kreativitas dan Penerimaan Masyarakat: Studi Kasus Musik Pengiring Jaranan. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 1(2), 69–80. https://doi.org/10.30872/mebang.v1i2.9
Ilmu, J., Seni, K., & Setiaji, D. (2012). Jurnal Ekspresi Seni The Influence of Local Musical Idiom Establishing Interkultural Section In The Style Pattern of Gendang Dangdut Koplo. 104–124.
Nugraha, D. D. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008
Sagita, G. J., Grup, D., Dangduters, D. A. N., Kabupaten, D. I., Yogyakarta, D. I., Dwiki, R., Prayoga, G., Etnomusikologi, J., & Pertunjukan, S. (2020). Jurnal/naskah publikasi.
Salim, M. N. (2016). Peran Gendhing Jathilan Dalam Proses Ndadi Pada Kesenian Jathilan Kelompok Turonggo Mudo Desa Borobudur. Keteg, 14(1), 86–98. http://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/keteg/article/view/679/673
Unnes, eprint-sendratasik, & Sulistiangtyas, U. N. (2017). Model Kemasan Bentuk Penyajian Musik Dangdut Klasik Pada Grup Musik Rhomantika, Mijen, Semarang. 6(2), 22–33. https://doi.org/10.31227/osf.io/ebv6w
Wijaya, U., Surabaya, K., Pendahuluan, I., & Dangdut, M. (2020). Gaya pukulan kendhang group musik dangdut palapa. 3(1), 42–51.
Gandara, G., & Setiaji, D. (2020). Fenomena Seni Dangdut Jalanan Kota Tasikmalaya: Studi Analisis Tentang Bentuk dan Garap Musik Dangdut Jalanan Grup Amosta Nada. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 3(2), 52–59. http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/magelaran/article/view/1019
Denis Setiaji. (2017). Perkembangan Genre Musik Dangdut Caracteristic Review of Dangdut Koplo. Handep, 1(1), 19–33.
Sugiyono. (2016). Penilaian Kinerja Cerah Jaya Abadi Dengan Metode Balanced Scorecard. 193
sugiyono 2019. (2019). Generalisasi. 43. 43–51.
Irawan, F. B. (2014). Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 26–35. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-15-File-Komplit-20200323090502.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Repertoar Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.