ANALISIS SOUND EFFECT DAN EKSPRESI EMOSI MUSIKAL LAGU TENANG YURA YUNITA

Authors

  • Qurrota A'yunin Nisa' Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Sound Effect, Ekspresi Musikal, Tenang, Yura Yunita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi Sound Effect dan mendeskripsikan bagaimana ekspresi emosi musikal yang ada pada Lagu Tenang karya Yura Yunita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini yaitu Sound Effect dan Ekspresi Emosi Musikal. Pengumpulan data diperoleh melalui tiga metode yaitu wawancara, studi pustaka, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ekspresi Emosi Musikal yang ada dalam lagu tersebut adalah Sedih, Takut, dan Murka yang didukung oleh progresi chord dan lirik dalam lagu. Sound Effect yang digunakan dalam lagu ini adalah suara tetesan air yang memiliki arti “tenang” dan berfungsi bukan hanya sebagai penambah suasana tetapi juga sebagai pemberi tempo. Sound Effect dalam lagu ini juga berperan sebagai pendukung suasana lagu.

References

Zahardi, L., Toruan, J. L., & Lubis, E. (2018). Analisis Lagu Bunda Ciptaan Melly Goeslaw. Jurnal Sendratasik, 6(2), 1-7.

Kodijat-Marzoeki, L. (2004). Istilah-istilah musik. Djambatan.

Bramantyo, Triyono. 1997. Pendekatan Sejarah

Musik I Melalui Apresiasi Musik. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Pratista, H. (2008). Memahami film. Homerian Pustaka.

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Phetorant, D. (2020). Peran Musik dalam Film Score. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 3(1), 91-102.

Pramadita, R. (2013). Perancangan desain suara pada trailer film 2d “concordia” (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Rosidah, C. (2012). Pengaruh musik klasik dan musik pop terhadap kinerja peserta tes matematika: Studi eksperimen kelas X di MAN Mojosari–Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pramadita, R. (2013). Perancangan desain suara pada trailer film 2d “concordia” (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Putra, R. A. (2016). Penerapan Sound Effect Dengan Teknik Asynchronous Sound Pada Penataan Suara Film Televisi" Wandu" (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Raharjo, E. (2007). Musik sebagai media terapi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 8(3).

Widhyatama, S. (2012). Sejarah Musik dan Apresiasi Seni. PT Balai Pustaka (Persero)

Wiflihani, W. (2016). Fungsi Seni Musik dalam Kehidupan Manusia. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 2(1), 101-107.

Rismawan, S. A. (2014). Ekspresi Musikal Dan Fungsi Musik Saestu Band Reggae Bagi Masyarakat Kota Semarang. Jurnal Seni Musisk, 3(1).

Ardinata, K. (2020). Penggunaan Efek Suara (Sound Effect) Dalam Produksi Iklan Rumah Makan Pak Abbas di Radio Robbani 91.1 FM Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Agassy Kawiran, P. (2021). Perancangan Ambience dan Sound Effect untuk mendukung Fungsi Naratif dalam Teaser Film Pendek Another Day with Another Robot (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

https://www.youtube.com/c/YuraYunita.

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 472 , PDF Downloads: 601