Analisis Bentuk dan Interpretasi Permainan Piano Pada Komposisi Czardas Karya Vittorio Monti

Authors

  • Natasha Ellena Lorenza UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n2.p323-339

Keywords:

Vittorio Monti, Czardas, Gypsy Dance

Abstract

Czardas merupakan komposisi yang ditulis oleh Vittorio Monti di Era Romantik akhir yang memiliki ciri khas gaya musik tarian orang Romawi atau Gypsy Dance. Penelitian ini fokus membahas mengenai bentuk musik dan interpretasi komposisi Czardas dalam instrumen piano. Adapun teori penelitian yang digunakan yakni teori bentuk musik oleh Karl-Edmund Prier dan teori interpretasi milik Hermeren. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi; serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis menunjukkan, komposisi Czardas memiliki empat bagian yaitu A–B–C–B’ dengan pola ritmik biner. Komposisi ini menggunakan sukat 2/4 dan 4/4 yang dimulai dari tempo largo dan berakhir pada tempo allegro vivace dengan modulasi dari D minor kemudian berakhir di akor D mayor. Adapun interpretasi dalam komposisi Czardas menunjukkan sisi folklore, dimana detail-detail ritmis dan movement tarian Gypsy dimunculkan melalui pergerakan dinamika, perubahan tempo, teknik, serta ornament dalam upaya perwujudan imajinasi akan tarian Gypsy yang lincah dan indah.

References

Anggoro, R. R. M. K. M., & Karyawanto, H. Y. (2020, December). Study of Dalcroze’Eurhythmics Concept on Hanon Fingering Etude in Developing Piano Core Skill. In International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) (pp. 561 -566). Atlantis Press.

Anggoro, R. R. M. K. M., Heri, H. Y. K., & Noordiana, M. A. A. (2021, December). Music Scoring Training in the Pare String Ensemble Music Community in Kediri-East Java. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021) (pp. 980-985). Atlantis Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Burhan, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah. Ragam Varian Kontemporer Jakarta: Rajawali Pers.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, KebijakanPublik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta:Putra Grafika

Hermeren, G. (2001). The full voic’d quire: types of interpretation of music. In Krausz, M. (eds). The Interpretation of Music. New York: Oxford University Press.

Jamalus. (1991). Pendidikan Kesenian I (Musik). Jakarta: Bumi Aksara.

Julta, A. (2018). Skripsi Bentuk Lagu Olang Binti Karya Suparmi Di Group Randai Ali Baba Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Kamien, R. (1998). Music An Appreciation (Sixth Edition). New York: McGraw Hill

Latifah, Kodiyat. (2009) .Istilah-istilah musik.Jakarta: DJAMBATAN.

Nugroho, M. Y. E. (2014). CZARDAS Karya Vittorio Monti Sebuah Analisis Teknik Permainan Biola. Theses, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prier, K. E., & Edmund, K. (2017). Ilmu bentuk musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, E. Karl. (2014). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier SJ, Karl Edmund. (2016). Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgis.

PURBA, R. B. (2018). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN BIOLA PADA PIECES CZARDAS KARYA VITTORIO MONTI (Doctoral disserrtatiom, UNIMED).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Prier SJ, Karl Edmund. (2016). Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgis.

Volkova, A. (2016, May). Gypsy Art in Europe. In 2nd International Conference on Arts, Design and Contemporary Education (pp. 288-292). Atlantis Press.

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 616 , PDF Downloads: 441