ANALISIS INTERPRETASI PADA KOMPOSISI NOCTURNE in E-FLAT MAJOR Op. 9 No. 2 KARYA CHOPIN

Authors

  • Talitha Novitriana UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n2.p284-294

Keywords:

Ekspresif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail akan ornamen, teknik, dan dinamika yang terdapat pada komposisi ini sehingga terbentuk interpretasi dari pianis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Nocturne in E-flat Major Op. 9 No. 2. Pengumpulan data diperoleh melalui dua metode yaitu metode wawancara dan metode dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis komposisi ini adalah teori interpretasi milik Suka Hardjana. Beliau mengemukakan bahwa peristiwa – peristiwa keindahan musik dapat terjadi melalui seorang interpreter. Hasil analisis menunjukkan bahwa Nocturne in E-flat Major Op. 9 No. 2 terdiri dari enam bagian yaitu A – B – A’ – Coda Coda’ – Cadenza. Pada tiap bagian terdapat beberapa nada yang menjadi repetisi namun tetap perlu diperhatikan setiap perbedaan ornamen, teknik, dan dinamika yang terdapat pada komposisi ini mulai dari teknik accent, trill, tempo dan dinamika yang ada beserta pembawaan dengan alur cerita dari para setiap pianis. Berdasarkan analisis tersebut, membuktikan bahwa teori tersebut terimplementasikan dalam karakter yang ada dalam komposisi Nocturne in E-flat Major Op. 9 No. 2 yang menjadi poin krusial bagi pianis dalam mempelajari komposisi tersebut supaya dapat menginterpretasikan setiap peristiwa indah yang terimajinasikan dalam komposisi Nocturne in E-flat Major Op. 9 No. 2.
Kata Kunci : Musik, Nocturne, Chopin, Suasana Malam, Interpretasi

References

Afif, M. (2021). Analisis Teknik Permainan Piano Pada Komposisi “Fragmen” Karya Jaya Suprana.

Cahyania, D. (2018). Tinjauan Pembelian Atas Prosedur Peralatan Kantor Pada Pt Deltra Wijaya Konsultan (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Chopin, F., 2006. Complete Preludes, Nocturnes & Waltzes: 26 Preludes, 21 Nocturnes, 19 Waltzes for Piano. Hal Leonard Corporation.

Gunawan, I. (2013), Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara 143.

Hardjana, S. (2018). Estetika musik: sebuah pengantar. Art Music Today.

Iqbal, M, (2012), Analisis Komposisi “Nocturne Op. 9 No. 2” Karya Frederic Chopin, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lineker, G. (2007). ANALISA TEKNIK

TREMOLO PADA DUA KOMPOSISI GITAR KARYA AGUSTIN BARRIOS MANGORE.

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1).

Pattikawa, A. W. (2014). Gedung Konser Musik Klasik Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sitanggang, S. M. (2018). AnalisaTeknikPermainanKontrabasDalamRepertoar Romance And Rondo Karya Franz Joseph Keyper (1756-1815).

Sopian, D., Reinaldi, H., & Sn, S. (2019). Film Dokumenter Biografi Kresnadea Saraga Freestyle Inline skater dari Bandung Dalam Departemen Penyutradaraan. Dedi Sopian; 146020019 (Doctoral dissertation, Fotografi & Film).

Sunarto, S. (2016). Estetika Musik: Autonomisversis Heteronomis dan Konteks Sejarah Musik. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, 4(2), 102-116.

Supriando, S. (2016). PERTUNJUKAN

MUSIK GRANDE OUVERTURE, ASTURIAS, DAN KARAK LILISAN DALAM SOLO GITAR. Puitika, 12(2), 160-175.

Yuliarti, U., & Nainggolan, A. M. (2021). Memahami Perkembangan Musik Gerejawi Dan Signifikansinya Bagi Pelayan Musik. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music, 2(2), 53-64.

Downloads

Published

2022-07-09

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 556 , PDF Downloads: 1792