ANALISIS TEKNIK PERMAINAN VIOLIN II PADA LAGU CONCERTO FOR TWO VIOLINS, 1st MOVEMENT KARYA J.S. BACH

Authors

  • Mohammad Mahmudin UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n2.p295-311

Keywords:

Teknik Permainan, Violin, Concerto For Two Violins 1st Movement, J. S. Bach

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang teknik permainan violin yaitu teknik bowing dan teknik fingering lagu Concerto For Two Violins, 1st Movement karya J.S. Bach. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik permainan violin II pada Lagu Concerto For Two Violins, 1st Movement karya J.S. Bach. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Sementara itu, terdapat uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan yang digunakan violin II pada lagu Concerto For Two Violins, 1st Movement karya J.S. Bach adalah teknik staccato, legato, legatura, trill, tenutto, vobrato dan accent. Sementara itu, terdapat tanda ekspresi dan dinamika diantaranya adalah diminuendo, poco dim, ritardo, vermata, forte (f), mezzo forte (ff), crescendo (<), decrescendo (>), piano (p), pianissimo (pp), dan mezzo piano (mp).

References

DAFTAR PUSTAKA

Afif, M. (2021). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN PIANO PADA KOMPOSISI “FRAGMEN” KARYA JAYA SUPRANA. Repertoar Jurnal, 1(Januari).

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Banoe, P. (2013). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Cavalera, D. (2021). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN BIOLA PADA LAGU INTRODUZIONE E VARIAZIONI SUL TEMA NEL COR PIU NON MI SENTO PER VIOLIN SOLO KARYA NICCOLO PAGANINI. Repertoar Jurnal, 2(Juli).

Huberman A.M. & Miles, M. . (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Husna, I. N. (2018). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN BIOLA PADA CONCERTO IN A MINOR 3rd MOVEMENT RV 356 Op. 3 No. 6 KARYA ANTONIO VIVALDI. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(November).

Latifah, K. (2009). Istilah-Istilah Musik. Jakarta: DJAMBATAN.

Peters, Ph.D, B. (2021). Bach, double Violin concerto, bwv 1043. Manitoba Chamber Orchestra.

Rachman, A. F. (2017). TEKNIK PERMAINAN AHMAD RAMADHAN PADA KARYA“VIOLIN CONCERTO NO. 1 OP. 26 IN G MINOR” BAGIAN PERTAMA KARYA MAX BRUCH. Repository.Upi.Edu.

Setyaningsih, E. (2007). Notasi dan Teknik Permainan Musik Kecapi Pada Kesenian Musik Tradisional Jaipong Dodo Gedor Grup di Kelurahan Soklat Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sholikhah, J. N. (2019). Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dalam Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 15. https://doi.org/10.26740/vt.v2n1.p15-27

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.

Widhyatama, S. (2012). Sejarah Musik dan Apresiasi Seni. PT Balai Pustaka (Persero).

Wolf, Christoph, dan Jones, R. (1980). Johann Sebastian Bach, The New Grove Dictionary of Music and Musicians. London: Macmillian.

PUSTAKA MAYA

https://youtu.be/LZ48G9UziRs

https://youtu.be/ILKJcsET-NM

Downloads

Published

2022-07-09

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 258 , PDF Downloads: 170