ANALISIS TEKNIK PERMAINAN THREE SUITES FOR SOLO VIOLA OP. 131D NO.1 IN G MINOR KARYA MAX REGER

Authors

  • Intan Selfia Nuzulullaili Mar'atus Sholekhah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n1.p67-81

Abstract

Three Suites for Solo Viola Op. 131d memiliki tiga bagian besar lagu No. 1 in G Minor, No. 2 in D Major dan No. 3 in E Minor. Penelitian dilakukan pada lagu bagian No. 1 in G Minor karena memiliki teknik permainan yang kompleks. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan musikologi. Hasil analisa peneliti dari kedua pendekatan, Max Reger menciptakan empat bagian lagu dengan tempo I. Molto Sostenuto, II. Vivace Andantino Vivace, III. Andante sostenuto, IV. Molto vivace. Terdapat 9 teknik permainan viola diantaranya Quadruple stops, Triple Stops, Double stops, Legatto, Détache, Staccato, Accent, Power and Speed, Vibrato. Karya ini juga dilengkapi tanda ekspresi tempo, dan dinamika ditambah dengan satu ornamen arpeggio. Hasil penelitian menunjukkan keterkaitan antara teknik permainan dengan tanda ekspresi untuk dapat menginterpretasikan lagu dalam permainannya.

Kata Kunci : Max Reger, Viola, Zaman Romantik, Teknik Permainan

References

<p>Afif, M. (2021). Analisis Teknik Permainan Piano Pada Komposisi œFragmen Karya Jaya Suprana</p><p>Banoe, P. (2003). <em>Kamus musik</em>. Kanisius.</p><p>Ghazali, I., &amp; Syahrani, A. Tinjauan Musikologi Lagu Sekapor Sireh Dalam Tradisi Penyambutan Di Keraton Amantubillah. <em>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa</em>, <em>4</em>(12).</p><p>Kholifah, S., &amp; Suyadnya, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Berbagi Pengalaman dari Lapangan. <em>Depok: Rajawali Pers</em>.</p><p>Martopo, H. (2013). Sejarah Musik Sebagai Sumber Pengetahuan Ilmiah Untuk Belajar Teori, Komposisi, Dan Praktik Musik. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(2).</p><p>Nugrahani, F., &amp; Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. <em>Solo: Cakra Books</em>.</p><p>Prier, E. Karl.(1993) Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.</p><p>Prier, K. E., &amp; Edmund, K. (1996). Ilmu bentuk musik.</p><p>Prier, Karl Edmund. 2014. <em>Kamus Musik</em>. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi</p><p>Purwanto, A., Widaningrum, I., &amp; Fitri, K. N. (2019). Aplikasi Musicroid sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Android. <em>Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika</em>, <em>5</em>(1), 78-87.</p><p>Sholikhah, J. N. (2019). Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dalam Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan. <em>Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik</em>, <em>2</em>(1), 15-27.</p><p>Siburian, E. P. (2019). Analisis Komposisi Concerto in G Minor Karya Antonio Vivaldi Dalam Permainan Alat Musik Biola Pada Mata Kuliah Gesek III. <em>Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan</em>, <em>25</em>(1), 49-54.</p><p>Stowell, R., &amp; Robin, S. (2001). The early violin and viola: a practical guide. Cambridge University Press.</p><p>Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. <em>Yogyakarta: Bina Aksara.</em></p><p>Sukohardi, A. (2011). Edisi Revisi-Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.</p><p>Sunarto, S. (2016). Estetika Musik: Autonomis versus Heteronomis dan Konteks Sejarah Musik. <em>Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik</em>, <em>4</em>(2), 102-116.</p><p>Sutrisno, Y. (2021). Analisis Harmoni Akor dan Interpretasi Pada Komposisi Flight of The Bumble Bee Karya Nicolas Rimsky-Korsakoff.</p><p>Suwahyono, A. (2018). Caprice No. 24 Karya Paganini Pada Solo Gitar Aransemen John Williams (Analisis Bentuk Musik). <em>Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Pencipta</em>.</p><p><strong>PUSTAKA MAYA</strong></p><p>https://imslp.org/wiki/3_Suites_for_Solo_Viola%2C_Op.131d _(Reger%2C_Max)</p><p>https://www.youtube.com/watch?v=mL5nSzijVz4</p>https://www.youtube.com/watch?v=G19xL84VBzw

Published

2021-07-08

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 194 , PDF Downloads: 230