PARTIKULARITAS FLOW DALAM MUSIK RAP

Authors

  • Brillio Gadiansyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n1.p53-66

Abstract

Musik rap akhir-akhir ini berkembang dengan pesat. Namun, dengan ketenarannya tersebut, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami tentang musik rap, khususnya salah satu aspek fundamental dari musik rap yaitu flow. Dalam artikel ini, akan diuraikan pengertian flow dengan menjelaskan tiga parameter dasar pembangun flow, antara lain: ritme, rima, dan nada vokal menggunakan metode kualitatif. Ritme flow rapper seperti halnya teknik scatting dalam musik jazz membangun sebuah lapisan baru di atas musik latar sebuah lagu. Selanjutnya, rima yang menambah kekuatan lirik rapper sekaligus merupakan tolok ukur kreativitas rapper dalam mengolah kata. Nada vokal yang merupakan titik partikular selanjutnya merujuk kepada karakteristik suara rapper yang dapat memberikan kesan tertentu dalam menyampaikan isi lirik.

Kata kunci: Flow, musik rap, ritme, rima, nada vokal

References

<p>Adams, K. (2008). Aspects of the music/text relationship in rap. <em>Music Theory Online</em>, <em>14</em>(2).</p><p>Adams, K. (2009). On the metrical techniques of flow in rap music. <em>Music Theory Online</em>, <em>15</em>(5).</p><p>Condit-Schultz, N. (2016). <em>MCFlow: A digital corpus of Rap flow</em> (Doctoral dissertation, The Ohio State University).</p><p>Condit-Schultz, N. (2017). MCFlow: A digital corpus of rap transcriptions. <em>Empirical Musicology Review</em>, <em>11</em>(2), 124-147.</p><p>Edwards, P. (2009). <em>How to rap</em>. Chicago Review Press.</p><p>Edwards, P. (2013). <em>How to rap 2: Advanced flow and delivery techniques</em>. Chicago Review Press.</p><p>Firehouse Soundlab (2011). <em>The Hip Hop Years part 1.</em> https://www.youtube.com/watch?v=LhrSlOa2bsA</p><p>Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. <em>Jakarta: Bumi Aksara</em>, <em>143</em>.</p><p>Kamus Besar Bahasa Indonesia</p><p>Keyes, C. L. (1993). Rappin'to the beat: Rap music as street culture among African-Americans.</p><p>Komaniecki, R. (2017). Analyzing collaborative flow in rap music. <em>Music Theory Online</em>, <em>23</em>(4).</p><p>Komaniecki, R. (2019). <em>Analyzing the Parameters of Flow in Rap Music</em> (Doctoral dissertation, Indiana University).</p><p>Mudjilah, H. S. (2010). Teori Musik. <em>Yogyakarta: Universitas Negeri Fakultas Bahasa Dan Seni</em>.</p><p>Ohriner, M. (2017). Metric ambiguity and flow in rap music: A corpus-assisted study of Outkast's" Mainstream"(1996). <em>Empirical Musicology Review</em>, <em>11</em>(2), 153-179.</p><p>Prier, K. E., &amp; Edmund, K. (2011). Kamus Musik. <em>Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi</em><em>.</em></p><p>Schmidt-Jones, C. (2013). Understanding basic music theory.</p><p>Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. <em>Makara Hubs-Asia</em>, <em>9</em>(2), 57-65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122</p><p>Stainer, J., &amp; Barrett, W. A. (Eds.). (1876). <em>¬ A Dictionary of Musical Terms</em>. Novello.</p>https://imslp.org/wiki/Symphony_No.5,_Op.67_(Beethoven,_Ludwig_van)

Published

2021-07-08

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 5037 , PDF Downloads: 1455