Pengaruh Keefektifan Media Dan Kesiapan Belajar Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Cerme
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p217-224Keywords:
keefektifan media, kesiapan belajar, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh keefektifan media serta kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar murid kelas XI Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Cerme Gresik. Penelitian ini tergolong expost facto kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 60 pelajar kelas XI Teknik Ketenaga Listrikan (2022/2023). Teknik pengumpulan datanya yaitu angket serta dokumentasi.uji validitas instrumennya adalah Product moment dan relibialitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan korelasional & regresi sederhana. Hasil penelitiannya adalah ada pengaruh keefektifan media terhadap hasil belajar (0.03) ada pengaruh kesiapan belajar dengan hasil belajar (0.025) dan ada pengaruh keefektifan media dan kesiapan belajar yang secara bersamaan terhadap hasil belajar (0.001). Dapat disimpulkan , hasil belajar dapat dipengaruhi oleh variabel keefektifan media dan kesiapan belajar baik secara terpisah maupun bersama. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi penelitian selanjutnya.
References
K. E. Johnson, dan P.R Golombek. (2020). Informing and transforming language teacher education pedagogy. Language Teaching Research, [Online]. 24(1), hal. 116-127. Tersedia: https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1362168818777539
Badan Pusat Statistik. (2022). Tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5.83 persen dan rata-rata upah buruh sebesar 2.89 juta rupiah per bulan. [Online]. Tersedia: bps.go.id
E. Santika, dan R. Mukhaiyar. (2020). Kebutuhan kompetensi keahlian bagi mahasiswa prodi pendidikan teknik elektro universitas negeri Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), [Online] 8(1), hal 139-145. Tersedia: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/108007
E. Widiarti, (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, [Online]. 7(4), hal. 298-305. Tersedia: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/10960/10524
R. Andriani, dan R. Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, [Online]. 4(1), hal. 80-86. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958
I. Uyun, dan D.E Myori. (2021). Efektivitas penerapan trainer sebagai media pembelajaran dasar listrik elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, [Online]. 2(1), hal. 47-51. Tersedia: http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/65
W. Noviansyah, dan C. Mujiono. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, [Online]. 4(1), hal. 82-88. Tersedia: https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/522
A. Arianti,. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan. [Online]. 12(2), hal. 117-134. Tersedia: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/181
H. F. Milala, Endryansyah, dan Agung. (2022). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, [Online].11(2), hal. 195-202. Tersedia: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/43450
R. Miski. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Tadbir Muwahhid, [Online] 4(2). Tersedia: https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/341
Firmansyah, Rifki. (2023). Pengaruh model PjBL dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mapel DDTK kelas X TITL SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal of Vocational and Tecnical Education, [online]. 5(2) hal. 134-144. Tersedia: https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/25813
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

