KEPUASAN PENGGUNA (MAHASISWA) TERHADAP DOSEN DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • imami arum tri rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p01-08

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah sikap positif mahasiswa terhadap pelayanan lembaga pendidikan tinggi karena adanya kesesuaian antara harapan dari pelayanan dibandingkan dengan kenyataan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terdadap layanan Dosen di prodi S1 Pendidikan Tata Busana, jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kepuasan mahasiswa terhadap Dosen meliputi 5 aspek antara lain: 1) Keandalan (reliability), 2) Daya tanggap (responsiveness), 3) Kepastian (assurance), 4) Empati (empathy),  dan 5) Tangible. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan subjek mahasiswa aktif di prodi S1 Pendidikan Tata Busana sebanyak 146 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian ini diketahui bahwa aspek keandalan (reliability) diperoleh skor 2,97 (baik), aspek  daya tanggap (responsiveness) diperoleh skor 2,87 (baik), aspek  kepastian (assurance) diperoleh skor 3,06 (baik), aspek empati (empathy) diperoleh skor 2,75 (baik), dan aspek tangible diperoleh skor 2,93 (baik). Dari kelima aspek tersebut didapatkan  rata-rata skor 2,94, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap Dosen  di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana  adalah Baik

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 181 , PDF Downloads: 1366