Analisis Usability Penggunaan Platform Google Classroom Pada Mata Pelajaran PPKP Di SMKN 1 Jakarta

Authors

  • Nadia Aulia Rizkiani Universitas Negeri Jakarta
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta
  • R Eka Mutinugraha Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p9-17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usabilitas penggunaan platform Google Classroom pada kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti di SMKN 1 Jakarta. Usability dalam penelitian ini dilihat pada indikator efektivitas, efisien dan kepuasan dari segi pengguna. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti tahun ajaran 2020 pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan kosntruksi dan properti yang berjumlah 43 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil uji reliabilitas instrumen adalah 0,968. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada indikator efisien dan efektif memiliki presentase lebih dari 80% yang berarti bahwa Google Classroom dapat mempermudah peserta didik untuk menemukan informasi pembelajaran maupun penugasan dan kemudahan penggunaan fitur fitur yang telah tersedia di dalamnya. Sedangkan untuk indikator kepuasan pengguna memiliki presentase lebih dari 95% karena Google Classroom memiliki tampilan yang menarik dan sederhana untuk digunakan oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa usability penggunaan platform Google Classroom sudah sangat baik karena hasil presentase semua indikator hampir mencapai 100%.

Author Biography

Nadia Aulia Rizkiani, Universitas Negeri Jakarta

S1 - Pendidikan Teknik Bangunan

References

<p>[1]  Afrianti, Wahyuni Eka. 2018. œPenerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akutansi (Studi Pada                                               Program Studi Akutansi Universitas Islam Indonesia), 1122. <br /> [2]  Arnesia, Pipit;, Fahirah, and Eka Puteri. 2020. œAnalisis Google Classroom Sebagai Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19 4 (September).<br /> [3]   Asnawi, Noordin. 2018. œPengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-Learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). <em>RESEARCH¯: Computer,                 Information System &amp; Technology Management</em> 1 (1): 17. doi:10.25273/research.v1i1.2451.<br /> [4]  Farida, L., &amp; Sismoro, H. 2020. œPerbandingan Tingkat Usability Google Classroom Berdasarkan Prespektif                 Teachers Pada Perguruan Tinggi. <em>JURNAL SISTEM INFORMASI</em> 9 (1): 6372.<br /> [5]  Firman, and Sri Rahayu Rahman. 2020. œPembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. <em>Indonesian                                Journal of Educational Science (IJES)</em> 2 (2): 8189.<br /> [6]  Hamdi. 2020. œPeningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Google Classroom Pada Mata                                                   Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Praya Tengah. <em>Edukasi, Jurnal Suluh</em> 01 (2): 143152.<br /> [7]  Hartatik, Sri, and Nafiah. 2020. œEducation and Human Development Journal. <em>Education and Human                                                             Development Journal</em> 5 (April): 922.<br /> [8]  Indrawan, Rully Prof. Dr., and Poppy Prof. Dr Yaniawati. 2014. œMetodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan Dan Guruan.<br /> [9]  Mahardini, M. M. 2020. œAnalisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Fisika. <em>Jurnal Pendidikan Fisika</em>.<br /> [10] Mulyono, Wahyu. 2020. œRespon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. <em>Journal Of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering</em> 2: 2330.<br /> [11] Mustika, Helma, and Beni Junedi. 2020. œAnalisis Keberhasilan Penggunaan Google Classroom Pada                                                   Perkuliahan Kalkulus Di Masa Pandemi Covid 19, 6171.<br /> [12] Naserly, Mursyid. Kasmir. 2020. œImplementasi Zoom, Google Classroom Dan Whatsapp Group Dalam                                          Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. <em>Aksara                  Public</em> 4 (2): 155165.<br /> [13] Novita, Dien &amp;, and Lisa Amelia. 2019. œAnalisis Usability Aplikasi Pengisian Krs Online Stmik Xyz                                                   Palembang Menggunakan Use Questionnaire. <em>Jurnal Informasi Dan Komputer</em> 7 (1): 1728.                                                                                             doi:10.35959/jik.v7i1.119.<br /> [14] Paramitha, Kanthy Sylvia. 2017. œEvaluasi Usability Pada Desain Website Institut Teknologi Sepuluh                                                   Nopember 2017 Dengan Metode Eye Tracking Berdasarkan Nielsen Model Dan Kuesioner Nielsen                                                                        Attributtes Of Usability (NAU), 1167.<br /> [15] Pasrah, Nurhaden. 2018. œEvaluasi Usability Perangkat Lunak E-Prints Untuk Repositori Pada Perpustakaan                 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 4448.<br /> [16] Ramadhani, Suci, and Etha Gustin. 2020. œTanggapan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 08 (3): 278281. doi:10.26418/justin.v8i3.40007.<br /> [17] Rifaie, Muhammad. 2020. œFleksibilitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. <em>Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan</em> 5: 197209.<br /> [18] Sadikin, Ali &amp;, and Afreni Hamidah. 2020. œPembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ) 6 (1): 214224.</p><p>[19]  Sauro, Jeff, and Erika Kindlund. 2005. œUsing a Single Usability Metric (SUM) to Compare the Usability of Competing Products.<br /> [20] Yany, Anda. 2021. œPengaruh Aplikasi Google Classroom Terhadap Kepuasan Mahasiswa. <em>Jurnal                                                               Akutansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi</em>.</p><p>                                             </p>

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 280 , PDF Downloads: 302