Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Tomi Nasta'in Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mohammad Nurkholis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Akbar Husein Allsabah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p29-35

Keywords:

minat belajar, gobag sodor, permainan tradisional.

Abstract

Latar Belakang: Latar belakang penelitian ini adalah pelestarian permainan tradisional yang banyak dimainkan di lingkup sekolah dasar membuat permainan ini sangat disukai dan menjadikan permainan gobak sodor dalam peningkatan minat belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan gobag sodor terhadap minat belajar siswa se Kec. Lengkong tahun pelajaran 2020/2021.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental, dengan One Group Pretest Posttest Design.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap minat belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 27,838 dengan ttabel tingkat signifikan 5% df =70 sebesar 1,994. Jadi thitung > ttabel dengan sig. 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan tradisional gobag sodor terhadap minat belajar siswa Se Kec. Lengkong tahun pelajaran 2020/2021. 

References

Depdiknas. (2008). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Bagian Proyek Olahraga Masyarakat. Jakarta: Direktorat Olahraga Masyarakat.
Dewi Rosianah , Hermawan Pamot. R, I. S. (2013). Model Pengembangan Permainan Gobag Sodor Bola Pada Pembelajaran Bola Tangan Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V Pada Sekolah Dasar. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(3). https://doi.org/10.15294/active.v2i3.1089
Efianingrum, A. (2016). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1). https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404
Fantiro, F. A., & Arifin, B. (2019). Pembelajaran Permaian Kinestetik Gobak Sodor untuk Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.135
Harsuki. (2013). Pengantar Manajemen Olahraga. Pt. Raja Grafindo Persada.
Ipang Setiawan, H. T. (2014). Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395
Nur, H. (2013). Building childrens character through traditional games. Junal Pendidikan Karakter.
Nurasiki, C. A., & Amiruddin. (2017). Sekolah Dasar. Jurnal AcTion,.
Rosdiani, D. (2016). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Journal of Chemical Information and Modeling.
Setiyawan. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1).
Siagawati, M., Prastiti, W. D., & Purwati. (2007). Mengungkap nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional gobag sodor. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi.
Siska Nova Undari, Rahma Dewi, A. S. (2019). Pengembangan Model Permainan Gobag Sodor Untuk Menarik Minat Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Olahraga, 5(2).
Sugito., Allsabah, A. H. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Pengembangan Daya Tarik Parawisata. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga. Banyuwangi: Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas PGRI Banyuwangi.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. In Pendidikan Anak di SD.
Yunita Sari, N., Agustini, F., & Aniq KHB, M. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17296.

Published

2021-01-29

How to Cite

Nasta’in, T., Nurkholis, M., & Allsabah, M. A. H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p29-35

Issue

Section

Articles
Abstract views: 904 , PDF Downloads: 637