Tingkat Status Gizi dan Kondisi Fisik pada Atlet Sepakbola Sonic Football Academy Kabupaten Nganjuk Tahun 2020

Authors

  • Robin Alfiansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Yanuar Rizky Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mokhammad Firdaus Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p21-28

Keywords:

kondisi fisik, sepakbola, status gizi

Abstract

Latar Belakang: Semua cabang olahraga membutuhkan kesiapan fisik, penguasaan teknik, dan status gizi  yang baik di samping faktor mental dan emosional. Selain itu, status gizi merupakan bagian dari faktor penentu keberhasilan pencapaian prestasi tinggi. Cabang olahraga sepakbola sangat membutuhkan komponen tersebut dan memegang peranan penting. Permainan sepakbola merupakan cabang olahraga dinamis dengan tingkat intensitas yang tinggi baik saat bertahan maupun saat menyerang. Oleh karena itu cabang olahraga sepakbola merupakan permainan yang tidak hanya membutuhkan kondisi fisik yang baik, tetapi juga status gizi yang baik pula. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat status gizi dan kondisi fisik meliputi aerobic endurance, flexibility (kelentukan), agility (kelincahan), dan speed (kecepatan) pemain sepakbola Sonic Football Academy Kabupaten Nganjuk.

Metode: Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dimana populasi adalah seluruh pemain sepakbola Sonic Football. Kemudian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga menghasilkan sampel yaitu 25 pemain yang berusia 16 tahun.

Hasil: Status gizi kriteria normal dan gemuk ringan, aerobic endurance kriteria baik, cukup, kurang dan sangat kurang, flexibility kriteria baik sekali, baik, dan sedang, agility kriteria excellent, dan above average, speed kriteria baik sekali, baik sedang, dan kurang.

Kesimpulan: Tingkat status gizi dan kondisi fisik pemain sepak bola Sonic Football Academy Kabupaten Nganjuk tahun 2020 memiliki rata-rata dengan kategori baik, dan memiliki tingkat status gizi rata-rata dengan kategori normal atau ideal.

Author Biography

Robin Alfiansyah, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa

References

Anwar, S., Pendidikan, J., Kesehatan, J., & Keolahragaan, F. I. (2013). Survei Teknik Dasar Dan Kondisi Fisik Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (Ssb) Se Kabupaten Demak Tahun 2012. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(9), 596604. https://doi.org/10.15294/active.v2i9.1861
Herpandika, R. P., Yuliawan, D., & Rizky, M. Y. (2019). Studi Kondisi Fisik dan Status Gizi Atlet PUSLATKOT Kota Kediri 2019. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1).
Kemenkes. (2014). Pedoman Gizi Olahraga Prestasi. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes. (2015). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta, Indonesia.
Miftahul Jannah. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas Vii Di Smpn Sederajat Se-Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017-2018. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 10. Banyuwangi: Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas PGRI Bayuwangi.
Muharam, R. R. (2019). Hubungan Antara Pola Makan Dan Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Atlet Dayung. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(1), 1420.

Published

2021-01-29

How to Cite

Alfiansyah, R., Rizky, M. Y., & Firdaus, M. (2021). Tingkat Status Gizi dan Kondisi Fisik pada Atlet Sepakbola Sonic Football Academy Kabupaten Nganjuk Tahun 2020. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p21-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 545 , PDF Downloads: 323