Aksiologi Kepemimpinan dalam Outbound di Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Diky Rudianto Universitas Negeri Surabaya
  • Made Pramono Universitas Negeri Surabaya
  • Hijrin Fithroni Universitas Negeri Surabaya
  • Purbodjati Purbodjati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p47-54

Keywords:

aksiologi, kepemimpinan, outbound

Abstract

Latar Belakang: Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang memiliki kemampuan untuk memberi pengaruh dan menggerakkan anggotanya untuk bekerja sama dengan baik. Pola kepemimpinan dan juga keputusan-keputusan dari seorang pemimpin tidak hanya mempengaruhi capaian dari organisasi namun juga memberi pengaruh pada perilaku anggotanya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan pada pelatihan kepemimpinan dan outbound di Kabupaten Tulungagung.

Metode: Penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif yang pemilihan sampelnya memakai teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan ialah organisasi kepemudaan karang taruna kecamatan se-Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 19 kecamatan se-Kabupaten Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan pada pelatihan kepemimpinan dan outbound di Kabupaten Tulungagung yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil: Dalam penelitian ini terdapat domain tertinggi yakni; domain objektif responden yang memilih œsetuju sebesar 17 responden (81%), serta domain keterampilan sosial yang memilih œsetuju sebesar 17 responden (81%), dapat diartikan bahwa karang taruna pada setiap kecamatan dapat memberikan alasan yang rasional dalam setiap keputusan dan dapat diartikan bahwa karang taruna dapat menerima kritik dan saran dari anggota lain.

Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa nilai nilai yang terdapat pada domain mempunyai tujuan agar mengetahui gambaran serta mengidentifikasi dari nilai nilai kepemimpinan yang terdapat pada pelatihan kepemimpinan outbound di Kabupaten Tulungagung.

Author Biographies

Made Pramono, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Hijrin Fithroni, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Purbodjati Purbodjati, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

References

Bahrum. (2013). Ontologi,Epistimologi,Aksiologi. Sulesana.
Cummings, T., & Worley, C. G. (2015). Diagnosing In Organizational Development and Change. Organizational Development and Change.
Dubrin, A. J. (2006). Leadership (terjemah). In Prenada Media.
Falah, N. (2015). Efektivitas Out Bound Sebagai Metode Pembelajaran (Studi Pada Out Bound Mahasiswa Jurusan Bki Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2014.111-04
Fithriani. (2019). Implikasi Aksiologi Dalam Filsafat Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Hakim, A., & Kumala, F. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbound. Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Tadib, 16(02), 273302. https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.64
Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? In Rajawali Pers.
Rapik, M. (2017). Diskursus Filsafat Ilmu: dari Peradaban Manusia ke Peradaban Tuhan. Titian.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2011). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. œMetode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.
Wijayanto, S. (2016). Pengaruh Metode Outbond Terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Pada Siswa Kelas V Sekolah Alam Bengawan Solo. Artikel Publikasi.

Published

2021-01-29

How to Cite

Rudianto, D., Pramono, M., Fithroni, H., & Purbodjati, P. (2021). Aksiologi Kepemimpinan dalam Outbound di Kabupaten Tulungagung. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 47–54. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p47-54

Issue

Section

Articles
Abstract views: 367 , PDF Downloads: 456