Indikasi Geografis atas Carica Dieng sebagai Strategi Penguatan Ekonomi Daerah

Authors

  • Ayup Suran Ningsih Universitas Negeri Semarang
  • Waspiah Waspiah Universitas Negeri Semarang
  • Selfira Salsabilla Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsh.v1n1.p105-120

Keywords:

Geographical Indications, Carica, Regional Economics

Abstract

Protection of the potential of regional products is a necessity for the region. An understanding of the importance of protecting Geographical Indications for policy makers in the regions is one of the efforts to protect the peculiarities of regional products. The specificity of the product of a region can be a regional economic strength when there is protection for Geographical Indications, because the product will increase its selling value. Regional economy is a series of economic activities carried out by local communities together in accordance with the potential of existing regions to fulfill their daily needs. Geographical indications are part of Intellectual Property which is currently a concern that was initiated by the Government to each region to map as well as to provide protection for regional products that have the potential to have geographical indications. Carica Dieng is a typical product that meets the requirements for geographical indications in accordance with Law Number 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications and Government Regulation Number 51 of 2007 concerning Geographical Indications

References

Buku

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo, Sistem Informasi Profil Daerah Kabupaten Wonosobo Tahun 2009, Wonosobo, hlm 129-132.

Bukhari, Alma. 2006. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2006.

Citrawinda Noerhadi, Cita. 2005 Kepentingan Negara Berkembang terhadap Hak atas Indikasi Geografis, Sumber Daya Genetika, dan Pengetahuan Tradisional, Jakarta: Lembaga Pengkajian Hukum Internasional FHUI.

Junus, E. 2006. “Pentingnya Perlindungan Indikasi Geografis sebagai Bagian dari KI dan Pelaksanaannya diIndonesia”, Makalah pada Seminar Nasional Perlindungan Indikasi Geografis di Indonesia, Jakarta.

Muhammad, A. 2001. Kajian Hukum Ekonomi Hak Kekayaan Intelektual. Bandung: Cet. Ke-1, Citra Aditya Bakti.

Risang Ayu, Miranda.2006. Memperbincangkan Hak Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis. Bandung: Alumni.

Puspita Rini, Harsi. 2011. Skripsi, “Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica Untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin di Kabupaten Wonosobo Tahun 2010” Surakarta: UNS.

Ramli, Tatty. A. Langkah-Langkah Penyusunan Buku Persyaratan sebagai Prasyarat Pendaftaran Produk Indikasi Geografis, Jurnal Litigasi, Vol. 16 No. 1.

Sardjono, Agus. 2005. “Perkembangan Perlindungan Huku matas Indikasi Geografis, Sumber Daya Genetika, dan Pengetahuan Tradisional di Indonesia”, dalam Lokakarya Kepentingan Negara Berkembang Atas Indikasi Geografis. Depok: LPHI Fakultas Hukum UI bekerjasama dengan Dirjen KI, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Sasongko, Wahyu. 2013. “TheLegal Protection of Geographical Indications in Indonesia Towards the Asean Economic Community”, Journal Center of IPRs of University of Lampung, Year 2013. Article on The First International Conference on Law, Business and Government 2013, UBL, Indonesia

Sumiyati, Yeti dkk. 2008. Kajian Yuridis Sosiologis mengenai Indikasi Geografis Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), MIMBAR, Vol. XXIV, No. 1.

Unggul L, Dhimas & Nur Rosyi.2013, “Carica dan Bayang-Bayang Neoliberalisme Di Dieng”. Jurnal Mahasiswa Antropologi UGM RANAH, Tahun III, Vol. 1.

Waluyo, Bambang. 2002. Penelitian Hukum Dalam Praktek. Jakarta: Sinar Grafika.

http://www.wipo.int/about- ip/en/studies/publications/ip_ definitions.html, [diakses pada 12 Juni 2018]

http://e-book.dgip.go.id/indikasi- geografis/filemedia/Buku_Per syaratan_Carica_Dieng/mobil e/index .html#p=67 Buku Persyaratan Indikasi Geografis Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Carica Dieng di akses dari pada Selasa 12 Juni 2018

http://kemalassegaf.blogspot.co.id/20 11/12/indikasi-geografi.html Okky Septiano, Perlindungan Indikasi Geografis dan Potensi Indikasi Geografis Indonesia, Diposkan oleh Kemal Assegaf di Medan, 23 Desember 2011, [diakses tanggal 21 Juni 2018]

Perundang-undangan

Negara Repulik Indonesia. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Lembaran Negara No: 42 Tahun 1999, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3821.

Negara RepublikIndonesia.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Lembaran Negara Nomor ,252 Tahun 2016, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5953.

Negara Republik Indonesia.Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2007 Tentang Indikasi Geografis. Lembaran Negara Nomor 115 Tahun 2007.

Downloads

Published

2019-03-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1096 , PDF Downloads: 3129