Trend Riset Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Alat Optik: Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer
Keywords:
bibliometrik, problem-based learning, alat optik, VOSviewerAbstract
Problem-Based Learning (PBL) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dengan menekankan pada pemecahan masalah nyata untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konseptual. Dalam konteks pembelajaran fisika, khususnya materi alat optik, penerapan PBL dinilai mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, serta keterampilan ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan dan struktur pengetahuan dalam kajian pembelajaran berbasis masalah Problem-Based Learning (PBL) pada topik alat optik menggunakan pendekatan bibliometrik. Data diperoleh dari pangkalan Scopus dengan rentang tahun 2019–2025, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Tiga jenis visualisasi digunakan dalam penelitian ini, yaitu heatmap (density visualization), overlay visualization, dan cluster visualization. Hasil analisis menunjukkan bahwa kata kunci dominan dalam riset ini meliputi learning media, research & development, problem-based learning, dan optical instruments, yang menandakan fokus kuat pada pengembangan media pembelajaran kontekstual. Dari overlay visualization terlihat adanya pergeseran tren penelitian dari pengembangan media ke pendekatan eksperimental dan kuantitatif, seperti problem solving dan one-way anova, yang mulai mendominasi sejak 2022. Sementara itu, cluster visualization berhasil mengelompokkan kata kunci ke dalam enam klaster utama yang merepresentasikan dimensi pengembangan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran PBL. Temuan ini mengungkap bahwa riset PBL pada materi optik tidak hanya berkembang secara kuantitatif, tetapi juga secara tematik dan metodologis, serta membuka ruang eksplorasi baru dalam penguatan literasi sains dan keterampilan abad ke-21.
References
Aprina, E.A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981-990. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.496.
Aria, M. & Cuccurullo, C. (2017). Bibliometrix: An R-tool for comprehensive science mapping analysis. Journal of Informetric, 11(4), 959–975. DOI: https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.08.007.
Astutik, R.D. & Jauhariyah, M.N.R. (2021). Studi meta analisis problem based learning dalam pembelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 159–168. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4525.
Belland, B.R., Walker, A.E., Kim, N.J., & Lefler, M. (2017). Synthesizing results from empirical research on computer-based scaffolding in STEM education. Review of Educational Research, 87(2), 309–344. DOI: https://doi.org/10.3102/0034654316670999.
Bennett, N., Borg, W.R., & Gall, M.D. (1984). Educational research: An introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3), 274. DOI: https://doi.org/10.2307/3121583.
Boote, D.N. & Beile, P. (2005). Scholars before researchers: On the centrality of the dissertation literature review in research preparation. Educational Researcher, 34(6), 3–15. DOI: https://doi.org/10.3102/0013189X034006003.
Daulay, K.R. & Surya, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Pekubuan. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/325396503.
Delpia, P., Hadiati, S., & Sukadi, E. (2024). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian artificial intelligence, augmented reality dan virtual reality di bidang pendidikan fisika. Social, Humanities, & Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 2208-2213. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92662.
Dochy, F., Segers, M., Van den Bossche, P., & Gijbels, D. (2003). Effects of problem-based learning: A meta-analysis. Learning and Instruction, 13(5), 533–568. DOI: https://doi.org/10.1016/S0959-4752(02)00025-7.
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W.M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview & guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070.
Ellegaard, O. & Wallin, J.A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production: How great is the impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831. DOI: https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z.
Fahimnia, B., Sarkis, J., & Davarzani, H. (2015). Green supply chain management: A review & bibliometric analysis. International Journal of Production Economics, 162, 101–114. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2015.01.003.
Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-based learning: What & how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. DOI: https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3.
Jordan, M.I. & Mitchell, T.M. (2015). Machine learning: Trends, perspectives, & prospects. Science, 349(6245), 255–260. DOI: https://doi.org/10.1126/science.aaa8415.
LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature, 521(7553), 436–444. DOI: https://doi.org/10.1038/nature14539.
Loyens, S.M.M., Magda, J., & Rikers, R.M.J.P. (2008). Self-directed learning in problem-based learning & its relationships with self-regulated learning. Education Psychology Review, 20(4), 411–427. DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-008-9082-7.
Patty, E.N.S., Iriyani, S.A., Irhas, I., & Suluh, M. (2023). Menggunakan aplikasi vosviewer untuk analisis penilaian pembelajaran fisika. Varied Knowledge Journal, 1(1), 35–45. DOI: https://doi.org/10.64070/vkj.v1i1.10.
Rahmawati, Y., Febriyana, M.M., Bhakti, Y.B., Astuti, I.A.D., & Suendarti, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis game edukasi: Analisis bibliometrik menggunakan software VOSViewer (2017-2022). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 257–266. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.13170.
Redish E.F. (2003). Teaching physics with the physics suit. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Saavedra, A.R. & Opfer, V.D. (2012). Learning 21st-century skills requires 21st-century teaching. Phi Delta Kappa, 94(2), 8–13. DOI: https://doi.org/10.1177/003172171209400203.
Thomas, J.W. (2020). A review of research on project based learning. San Rafael, California: The Autodesk Foundation.
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey Bass.
Tsalist, S.L. & Habibulloh, M. (2023). Analisis bibliometrik penggunaan e-learning moodle dalam pembelajaran fisika. Proceedings of the Universitas Negeri Surabaya Physics Seminar, 7, 18–25. Retrieved from: https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/snf/article/view/4394.
van Eck, N.J. & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. DOI: https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3.
Zawacki-Richter, O., Marín, V.I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39. DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Oktamia Ramadhani, Anting Jelita, Waladah Izah Karomah, Septya Diva Lutfiah, Najida Rahmania Ahmad, Ahmad Abtokhi, Setyo Admoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 67
,
PDF Downloads: 50
,
PDF Downloads: 0
